Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Sebanyak 7,5 Hektar Lahan di Kabupaten Sukamara Kebakaran

Dilihat 9598 kali
Sebanyak 7,5 Hektar Lahan di Kabupaten Sukamara Kebakaran

Foto : Upaya pemadaman kebakaran masih terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan dari TNI/Polri, Manggala Agni, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sukamara-Lamandau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), OrangUtan Foundation United Kingdom (OF UK Indonesia) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis, (18/8). (BPBD Kabupaten Sukamara)


JAKARTA- Kebakaran lahan seluas 7,5 Ha terjadi di Kecamatan Sukamara, Desa Natai Sedawak Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Kamis, (18/8). Penyebab kebakaran diduga lahan gambut yang mudah terbakar saat musim kemarau.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Kamis (18/8) pukul 17.30 WIB sebanyak 4 Ha lahan berhasil dipadamkan. BPBD turut mengerahkan mobil pemadam kebakaran (damkar) dari posko induk guna mempercepat proses pemadaman titik api. Upaya pemadaman kebakaran masih terus dilanjutkan BPBD Kabupaten Sukamara bersama tim gabungan dari TNI/Polri, Manggala Agni, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sukamara-Lamandau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), OrangUtan Foundation United Kingdom (OF UK Indonesia) dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Tidak ada laporan korban jiwa maupun masyarakat yang mengungsi akibat kejadian ini.

Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Kabupaten Sukamara, untuk Sabtu (20/8), kondisi hujan ringan dan berawan, sedangkan pada Minggu (21/8) cuaca akan berawan. Sementara itu hasil dari Inarisk BNPB, wilayah Kabupaten Sukamara memiliki level risiko dengan tingkat sedang dan tinggi dengan wilayah 5 kecamatan yang terdapat di Kabupaten Sukamara berisiko kebakaran hutan dan lahan.

BNPB mengimbau Pemerinah daerah dan masyarakat untuk melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi kebakaran hutan dan lahan. Kesiapsiagaan juga dilakukan melalui pengecekan serta penyiapan sarana dan prasarana pemadaman kebakaran. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 

Penulis

Admin


BAGIKAN