Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Gempa M5,7 Tidak Dirasakan Warga Manggarai

Dilihat 406 kali
Gempa M5,7 Tidak Dirasakan Warga Manggarai

Foto : Titik pusat lokasi gempa M5,7 pada timur laut Ruteng - Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) (BMKG)


JAKARTA – Gempa magnitudo 5,7 terjadi pada Senin (11/1), sekitar pukul 08.20 WIB. Informasi sementara berasal dari BPBD Kabupaten Manggarai. Warga di sana tidak merasakan guncangan gempa pagi tadi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai menyampaikan warganya tidak merasakan gempa M5,7. Hingga kini belum ada informasi terkait dengan dampak gempa tersebut. Di samping itu, berdasarkan pemodelan tsunami dari BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami. 

Parameter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi dengan magnitudo 5,7. Gempa berpusat pada kedalaman 650 km, sekitar 113 km timur laut Ruteng – Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), atau 120 km timur laut Labuan Bajo, NTT. 

Dilihat dari skala MMI atau Modified Mercalli Intensity dari BMKG, guncangan terpantau pada II – III MMI di Waingapu, II MMI di Denpasar, Kuta, Mataram dan Lombok Tengah. Skala MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. 


Gempa M5,2 di Laut Sulawesi

Sementara itu, berselang beberapa menit, terjadi gempa M5,2 di perairan Sulawesi. BPBD Kabupaten Toli-toli menginformasikan guncangan gempa dirasakan sedang oleh warganya. Guncangan sedang terjadi sekitar 5 detik.

BMKG merilis parameter gempa M5,2 terjadi pada Senin (11/1), pukul 08.57 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km ini berlokasi sekitar 98 km barat laut Toli-toli, Sulawesi Tengah, atau 119 km barat laut Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Berdasarkan pemodelan, gempa tidak memicu terjadinya tsunami. 

Dilihat dari skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, guncangan terpantau pada II – III MMI di Toli-toli. 



Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN