Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

BNPB Serahkan Bantuan untuk Wilayah Provinsi Jambi Yang Terdampak Banjir

Dilihat 1379 kali
BNPB Serahkan Bantuan untuk Wilayah Provinsi Jambi Yang Terdampak Banjir

Foto : Deputi Bidang Penanganan Darurat Mayjen TNI Fajar Setiawan, menyerahkan langsung bantuan untuk warga terdampak banjir di Provinsi Jambi pada Kamis (25/1). (Kedeputian Penanganan Darurat BNPB)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diwakili oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat Fajar Setiawan, menyerahkan bantuan untuk wilayah terdampak banjir di Provinsi Jambi  pada Kamis (25/1). Penyerahan bantuan BNPB masuk dalam rangkaian Rapat yang dihadiri oleh Kepala Daerah Kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Jambi, Danrem 042 / Garuda Putih, Kepala Biro Oprasional Polda Jambi, serta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait lainya.

Adapun total jumlah bantuan yang di berikan BNPB berupa Dana Operasional sebesar 250 Juta kepada masing-masing Kabupaten / kota terdampak, Korem 042 Garuda Putih, dan Polda Jambi. Bantuan logistik dan peralatan juga turut di berikan seperti 1 Tenda pengungsi, 500 lembar selimut, 500 paket hygine kit, 500 paket sembako, 500 paket makanan siap saji, dan 500 botol sabun cair.

Dinamika intensitas hujan di wilayah Provinsi Jambi yang pada saat ini memasuki ketegori menengah hingga tinggi pada periode 1 Januari hingga 1 Februari, menyebabkan ditetapkanya status keadaan darurat bencana hidrometeorologi di wilayah provinsi Jambi hingga 30 April 2024.

Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Provinsi Jambi, 10 Kabupaten / Kota terdampak banjir dengan jumlah sebaran mencapai 87 Kecamatan dan 575 Desa / Kelurahan di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Kerugian materil dan non materil dilaporkan sebanyak 226.033 warga terdampak serta 22.971 unit rumah warga, 342 fasilitas pendidikan, 65 fasilitas kesehatan, 59 rumah ibadah, dan 2.859 lahan pertanian terendam banjir.

Sampai saat ini BPBD Jambi sudah melakukan berbagi macam upaya penanganan seperti memantau kondisi cuaca, menyebarkan informasi peringatan dini, melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait, menyiagakan peralatan, melakukan PDB (Pos Darurat Bencana) serta menyiapkan dan mendistribusikan kebutuhan logistik untuk warga terdampak.


Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 


Penulis

Admin


BAGIKAN