Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Abrasi Pantai Akibatkan 75 Rumah Warga Karawang Rusak Berat

Dilihat 5102 kali
Abrasi Pantai Akibatkan 75 Rumah Warga Karawang Rusak Berat

Foto : Abrasi pantai yang mengiringi gelombang ekstrem mengakibatkan puluhan rumah warga Desa Cemara Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat rusak berat, Senin (16/8), pukul 19.15 waktu setempat. (BPBD Kabupaten Karawang)


JAKARTA – Abrasi pantai yang mengiringi gelombang ekstrem mengakibatkan puluhan rumah warga Desa Cemara Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, rusak berat. Peristiwa ini terjadi pada Senin (16/8), pukul 19.15 waktu setempat. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kawarang menginformasikan total rumah rusak sebanyak 177 unit dengan tingkat yang berbeda. Rumah rusak berat sebanyak 75 unit, rusak sedang 54 dan rusak ringan 48. Selain itu, sebanyak 138 warga mengungsi ke tempat kerabat dan tetangga sekitar serta 474 warga atau 173 KK terdampak. 

Sejauh ini tidak ada informasi korban jiwa maupun warga luka-luka akibat abrasi pantai tersebut. BPBD setempat telah melakukan kaji cepat dan mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan. Di samping itu, BPBD Kabupaten Karawang berkoordinasi dengan instansi terkait serta pihak kecamatan maupun desa. 

Berdasarkan kajian inaRISK, wilayah Cibuaya merupakan salah satu kecamatan dari total 9 kecamatan yang berpotensi gelombang ekstrem dan abrasi dengan kategori sedang hingga tinggi. Setiap tahun pesisir Desa Cemarajaya yang berada di Kecamatan Cibuaya ini terkikis abrasi yang menyebabkan gelombang laut sampai di pemukiman warga. 

Pada sistem pemantauan cuaca maritim BMKG, wilayah perairan Karawang – Subang termonitor tenang, dengan tinggi gelombang 0,1 – 0,5 meter pada esok hari, Kamis (19/8). Wilayah Cibuaya yang terdampak abrasi terpantau berawan dan cerah berawan sehingga diharapkan tidak memperburuk kondisi saat ini. 



Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN