Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

STATUS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU DARI SATELIT

Dilihat 768 kali
STATUS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU DARI SATELIT

Foto : STATUS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU DARI SATELIT ()

Status Gunung Tangkuban Perahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, saat ini masih di level waspada dengan masih adanya letusan vulkanik. Meski masih terjadi aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu, warga diminta tetap tenang dan tidak panik.


Sementara itu, petugas pemantau Gunung Tangkuban Perahu, Sofian, mengatakan saat ini aktivitas gunung sudah menurun. "Jadi setelah (letusan) kemarin tanggal 4 Maret, ada 4 kali letusan lagi. Perkembangan terlihat ada penurunan gempa," katanya saat ditemui Metro TV, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/3). Sumber www.metrotvnews.com

Berikut merupakan peta citra satelit Gunungapi Tangkuban Perahu dan sekitarnya dengan sumber data, antara lain: Citra Landsat-5 TM, tanggal 18 Mei 2006, Citra Quickbird tanggal 13 Juni 2010, Peta Batas Administrasi dari BIG dan Informasi Bencana gunungapi dari BNPB dan PVMBG. 

Pada citra tersebut diperlihatkan juga lokasi pemukiman dengan kisaran jarak 5 km. Nampak bahwa kota Bandung berjarak sekitar 15 Km dari Puncak Gunung Tangkuban Perahu. Pada Gambar tersebut juga diperlihatkan terdapat pemukiman penduduk yang berjarak kurang dari 5 km. Penduduk yang berjarak kurang dari 10 Km dari Gunung Tangkuban Perahu perlu waspada terhadap aktivitas gunung berapi ini.

Rokhis Khomarudin, LAPAN

Penulis

Admin


BAGIKAN