Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Relawan Penanggulangan Covid-19 Untuk Gugus Tugas

Dilihat 2008 kali
BAGIKAN
Relawan Penanggulangan Covid-19 Untuk Gugus Tugas

Foto : Rapat pembahasan perekrutan sukarelawan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3). (Dit. Kesiapsiagaan)



JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Direktorat Kesiapsiagaan merancang strategi dalam rangka menggerakkan sukarelawan khususnya tim medis guna membantu percepatan penanganan covid-19. Dalam hal ini peran sukarelawan pada penanggulangan bencana non alam tersebut menjadi penting mengingat kebutuhan tenaga ahli medis dan lainnya masih terbatas dalam kondisi seperti sekarang ini.

Melihat kondisi tersebut, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Johny Sumbung menekankan pada strategi kaderisasi relawan khususnya untuk tim medis yang akan membantu penanganan serta pencegahan penyebaran Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 serta memberikan rekomendasi bagi Gugus Tugas.

Dalam hal ini Johny mengatakan bahwa platform yang akan dipakai untuk merekrut atau kaderisasi sukarelawan pun harus jelas siapa penanggung jawabnya, disertai uraian tugas dari masing-masing lembaga yang ikut membuat platform.

Hadir dalam rapat pembahasan sukarelawan, Kasubdit Pemberdayaan Sumber Daya BNPB, Pangarso Suryotomo menjelaskan beberapa lembaga akan ikut serta dalam penyusunan platform ini seperti Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Kantor Staf Presiden (KSP), Komunitas Merah Putih (KMP), Pengurus Pusat Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (PP HAKLI), Klik Dokter dan KitaBisa.com.

"Beberapa tugas akan didelegasikan ke lembaga tersebut dengan PIC yang ditunjuk sendiri," kata Pangarso. 

Tugas-tugas itu antara lain melakukan rekrutmen relawan kesehatan dan non kesehatan, melatih relawan, pemenuhan gizi relawan, membuat SOP untuk daerah dalam rangka pengurangan dampak ekonomi bagi masyarakat rentan, membuat pusat pelaporan dan pengaduan terpadu sebagai pemilahan awal, promosi kesehatan masyarakat, pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19, menambah tenaga dokter dalam konsultasi online dan pengumpulan dana.

Lebih lanjut, untuk menyatukan semua kebutuhan dari masing-masing lembaga, maka BNPB akan bertindak sebagai tuan rumah pengintegrasian data web melalui relawan IT yang telah terbentuk dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).




Dit. Kesiapsiagaan


Admin

Penulis