Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Pusdiklat BNPB dan LAN RI Bahas Pelatihan Berbasis MOOC Untuk CPNS dan PPPK

Dilihat 607 kali
Pusdiklat BNPB dan LAN RI Bahas Pelatihan Berbasis MOOC Untuk CPNS dan PPPK

Foto : Pelatihan dasar kebencanaan berbasis Massive Open Online Course (MOOC) di Ruang 101 Training Center, ina DRTG, Pusdiklat PB BNPB dan secara daring melalui Zoom 15/2). (Pusdiklat BNPB)

JAKARTA - Pusdiklat BNPB dan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) mengadakan rapat bersama membahas pelatihan dasar kebencanaan berbasis Massive Open Online Course (MOOC) untuk latsar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Kamis (15/2).

Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di ruangan 101 Training Center, ina DRTG, Pusdiklat PB BNPB dan juga secara daring melalui Zoom. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi BNPB R. Theodora Eva Y.A.,A.Ks.,M.Si (Han). Dalam sambutannya, Theodora menyampaikan rapat ini diadakan dalam rangka mempersiapkan peningkatan kapasitas layanan pelatihan dasar kebencanaan yang lebih luas melalui pelatihan berbasis MOOC.

Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI, Dr. Tr. Erna Irawati, S.Sos, M.Pol.Adm, yang hadir secara daring memaparkan materi tentang Learning Management System (MOOC) Latsar CPNS dan Orientasi PPPK dengan transformasi sistem pengembangan kompetensi yang berkaitan dengan modernisasi sistem Pengembangan Kompetensi di tengah era revolusi industry 4.0 dan society 5.0. Arahnya adalah penggunaan teknologi untuk pencapaian tujuan pembelajaran yang akses untuk semua, efisien, integratif, berdampak, dan fleksibel. Hal ini diwujudkan dengan strategi pemanfaatan teknologi seperti E-Learning dan Distance Learning.

Aplikasi MOOC dikelola oleh LAN RI dan dapat diakses langsung oleh CPNS dengan login NIP dan NIK. Adapun output yang dihasilkan berupa penilaian sikap dan perilaku melalui trophy serta penilaian akademik melalui evaluasi akademik.  

Rapat konsultasi MOOC dihadiri oleh 32 peserta antara lain para pejabat dan pegawai Pusdiklat PB BNPB, Pusdatinkom BNPB, Lembaga Administrasi Negara, Invest DM, Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, dan Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta.



Abdul Muhari, Ph.D. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN