Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

PEMERINTAH RI SERIUS TANGGULANGI BENCANA ASAP

Dilihat 595 kali
PEMERINTAH RI SERIUS TANGGULANGI BENCANA ASAP

Foto : PEMERINTAH RI SERIUS TANGGULANGI BENCANA ASAP ()

Pekanbaru (6/7) – Pemerintah Indonesia sangat serius dalam penanggulangan bencana asap di Provinsi Riau. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam video conference di Istana Bogor, Jumat, (5/7). Melalui teknologi google hangout ini, Presiden SBY ingin mendengar secara langsung penanggulangan asap dan situasi terkini apa yang telah dilakukan dan capaian pasca gempa bumi yang menguncang Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. 


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, menjelaskan situasi terkini kepada Presiden RI bahwa hotspot yang teridentifikasi oleh citra satelit NOAA-18 mencapai nihil per 5 Juli 2013, hanya tinggal sedikit titik api kecil yang tidak terdeteksi. Satuan tugas (satgas) darat untuk menanggulangi titik api tersebut. Kualitas udara dan visibility di wilayah Provinsi Riau sudah membaik. 


Operasi penanggulangan yang melibatkan satuan-satuan tugas ini merupakan perintah Presiden kepada Kepala BNPB pada tanggal 24 Juni 2013. Keberhasilan penanggulangan bencana ini melibatkan satuan-satuan dari BNPB, dan pemerintah setempat yang dibantu oleh TNI, Polri, dan komponen masyarakat. Presiden SBY sangat mengapresiasi upaya keras dan cepat yang telah dilakukan oleh satuan tugas (satgas) penanggualangan asap di Riau. Terkait dengan penanggulangan asap, Presiden SBY berpesan untuk mengutamakan keselamatan prajurit. 


Sementara itu, Duta Besar (dubes) Singapura untuk Pemerintah RI sangat menghargai apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. “Pemerintah RI dapat melakukan penanggulangan secara cepat dengan delapan hari, ini sangat dihargai oleh masyarakat dan pemerintah Singapura”, ujar Dubes Singapura. Dubes Singapura mengatakan bahwa kualitas udara di Singapura sejak 2 Juli di bawah 50 dan ini dalam kategori baik. “Ini jauh berbeda pada minggu-minggu sebelumnya sejak tanggal 17 hingga 24 Juni, kualitas udara sangat berbahaya”, tambah Dubes Singapura.

 

Video conference ini menfasilitasi Presiden RI berkomunikasi dengan Kepala BNPB, Wakil Gubernur Provinsi Riau, Komandan Satgas Penanggulangan Asap Riau, Kapolda Riau, Incident Commander Penanggulangan Bencana Gempa, dan Duta Besar Singapura untuk Pemerintah Indonesia. (pz).


Video conference dapat diakses di http://www.youtube.com/watch?v=Cflc9yxRLS8


Penulis

Admin


BAGIKAN