Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Meski Pasien Tidak Ada, RSKI Covid Pulau Galang Tetap Siaga

Dilihat 14 kali
BAGIKAN
Meski Pasien Tidak Ada, RSKI Covid Pulau Galang Tetap Siaga

Foto : Kunjungan Sestama BNPB pada RSKI Covid-19 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (22/6) (BNPB)


JAKARTA – Pada Maret 2020 lalu Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengoperasikan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) untuk penanganan pasien terpapar virus SARS-CoV2, khususnya pekerja Migran Indonesia dari Singapura dan Malaysia. 

Saat ini, pasien sudah tidak ada lagi, namun RSKI tetap bersiaga. RSKI Covid-19 yang berlokasi di Pulau Galang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), telah merawat lebih dari 21.000 pasien sejak awal beroperasi hingga 14 Mei 2022. Hal tersebut disampaikan Kepala RSKI Covid-19 Kolonel CKM dr. Robert Simanjuntak, MARS saat berdiskusi dengan Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, Rabu (22/6).

Dalam diskusi itu, Robert juga menyampaikan pihaknya mengerahkan 213 personel sebagai tenaga kesehatan di fasilitas penanganan Covid-19. Mereka yang terlibat terdiri dari unsur TNI danrelawan berbagai daerah. Jumlah personel yang tersedia mampu menangani pasien dengan baik. 

Pada kesempatan itu, Lilik menyampaikan bahwa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan dukungan kepada RSKI Covid-19 sejak awal. Ia mengatakan, dukungan berupa alat-alat kesehatan sebanyak 1.200 unit untuk penanganan pasien Covid-19. 

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas pelayanan para personel dalam penanganan pasien Covid-19 di fasilitas ini,” ujar Lilik. 

Lebih lanjut, BNPB akan menyerahkan aset tersebut kepada Kodam I/Bukit Barisan. Penyerahan ini dilakukan dengan mekanisme alih status barang milik negara (BMN). Hal ini mengingat saat ini tidak ada lagi pasien dalam perawatan RSKI Covid-19. Operasional rumah sakit ke depannya tidak dibahas pada diskusi tersebut karena pengelolaannya tidak di bawah Satgas Covid-19. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pembangunan Fasilitas Observasi dan Penampungan dalam Penanggulangan Covid-19 atau Penyakit Infeksi Emerging di Pulau Galang, Kota Batam, Kepri, RSKI ini dibawah pengelolaan Kementerian Pertahanan. 

Saat kunjungan kerja tersebut, Sekretaris Utama BNPB yang didampingi Kepala Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan, Kepala Sub Bagian BMN menyempatkan untuk melihat fasilitas ruang isolasi serta melihat kondisi alat-alat kesehatan bantuan BNPB. 


Abdul Muhari, Ph.D. 

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB 



Admin

Penulis