Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Gempa M 5,1 Guncang Kota Tual Maluku, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Dilihat 1006 kali
Gempa M 5,1 Guncang Kota Tual Maluku, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Foto : (BMKG)


JAKARTA – Gempabumi dengan Magnitude (M) 5.1 mengguncang Kota Tual, Provinsi Maluku pada hari Rabu (28/4) pukul 09.57 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 5.07 LS-132.00 BT atau 103 km Barat Laut Tual dengan kedalaman 37 km. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tual melaporkan gempa tidak dirasakan oleh masyarakat kota Tual dan belum ada laporan kerusakan akibat dampak gempa. Namun pihaknya tetap melakukan monitoring dan siap siaga jika terjadi gempa susulan.

Melalui kajian InaRisk BNPB, kota Tual memiliki risiko bahaya gempabumi sedang hingga tinggi dengan luas risiko 4.162 hektar atau sekitar 4 kecamatan terpapar risiko gempabumi. BNPB terus mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa bumi yang dapat terjadi waktu-waktu. Dalam konteks bahaya gempa bumi, dampak korban jiwa sering terjadi akibat korban terjebak di reruntuhan bangunan. 

Masyarakat dapat mengakses InaRISK untuk mengidentifikasi potensi risiko di sekitar tempat tinggal. Selain itu masyarakat juga dapat mengakses website dan sosial media resmi pemerintah seperti BNPB untuk mengetahui update perkembangan penanggulangan bencana, maupun BMKG untuk informasi gempa terkini dan peringatan dini cuaca buruk yang terjadi di tanah air. 


Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

Penulis

Admin


BAGIKAN