Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

GEMPA 5,9 SR GUNCANG TENGGARA MALANG, TIDAK ADA KORBAN DAN KERUSAKAN

Dilihat 540 kali
GEMPA 5,9 SR GUNCANG TENGGARA MALANG, TIDAK ADA KORBAN DAN KERUSAKAN

Foto : GEMPA 5,9 SR GUNCANG TENGGARA MALANG, TIDAK ADA KORBAN DAN KERUSAKAN ()

Telah terjadi gempa 5,9 SR pada Senin (8/7) pukul 09:13:39 WIB, di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT, kedalaman 10 Km. Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 km Tenggara Malang (Jatim), 114 km Barat Daya Lumajang (Jatim), 130 km Barat Daya Jember (Jatim) atau 202 km Tenggara Surabaya. Gempa tidak berpotensi tsunami.
Posko BNPB telah mengkonfirmasi gempa dirasakan di beberapa daerah. Dari BPBD Malang dilaporkan gempa terasa sedang selama 3-5 detik. Lampu di dalam gedung bergoyang dan tidak terdapat kerusakan di Kota Malang. Masyarakat sebagian keluar rumah. Di Bondowoso gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat yang berada di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung dan dilaporkan tidak ada kerusakan. Di Jember gempa dirasakan cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat sebagian keluar rumah dan dilaporkan tidak ada kerusakan.

Berdasarkan peta guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. BPBD masih melakukan pengecekan ke bagian selatan.

DR. Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB
Penulis

Admin


BAGIKAN