WASPADAI DAMPAK ANGIN KENCANG 3 HARI KE DEPAN

Berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perubahan cuaca yang terjadi dikarenakan adanya peningkatan siklon tropis di wilayah timur Indonesia, khususnya di NTT dan NTB akan berdampak pada kencangnya angin yang melanda dibeberapa wilayah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, dimana pola angin yang terjadi dapat meningkat dan juga ada yang berkurang. Perubahan cuaca tersebut akan berpengaruh pada cuaca Ibu Kota Jakarta selama 3 hari kedepan yang diperkirakan terjadi curah hujan cukup tinggi.

Perubahan cuaca ekstrem patut juga diwaspadai oleh nelayan , angin yang bertiup kencang mempengaruhi beberapa perairan di Indonesia, seperti di Laut Jawa, Arafuru, Banda, serta selatan NTB, NTT.  "Pola anginnya ada yang meningkat ada yang berkurang, gelombang dapat mencapai dua meter" jelas Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrim BMKG, Kukuh Sri Budiyanto.

Warga Jakarta diminta untuk selalu waspada dan siaga akan dampak perubahan cuaca ekstrem, siapkan segala sesuatu dari potensi bencana yang terjadi akibat perubahan iklim seperti angin kencang, curah hujan tinggi dan banjir. Persiapkan upaya menghadapi banjir, bersihkan lingkungan sekitar terutama pada selokan air dan timbunan sampah yang dapat menghambat jalannya air. Tingkatkan kewaspadaan bersama perangkat RT/RW terdekat, lakukan upaya gotongroyong menjaga kebersihan lingkungan. Tentukan titik Posko Banjir yang tepat untuk lokasi pengungsian lengkap dengan MCK. Bentuk Tim penanggulangan banjir ditingkat warga. Pastikan peralatan komunikasi yang siap pakai dan nomor telepon penting yang diperlukan.

Upaya kesiapsiagaan dalam keluarga anda, simak informasi terkini dari media TV dan radio terkait curah hujan tinggi serta posisi Tinggi Muka Air (TMA) pada pintu air yang dekat di wilayah tempat tinggalnya. Perhatikan aliran listrik dalam rumah. Persiapkan peralatan keselamatan seperti, radio, baterai, senter, korek gas, lilin, selimut, tikar, tali, jas hujan dan ban karet jika ada. Siapkan bahan makanan cepat saji dan obat-obatan darurat. Amankan dokumen penting. Tingkatkan kewaspadaan, kenali bahayanya kurangi risikonya. (To)

http://news.detik.com/read/2013/12/30/083644/2453590/10/?992204topnews

Related posts