WASPADA UNTUK GUNUNG RAUNG

Adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunungapi Raung maka PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status Waspada (level II) dari Normal (level I) terhitung sejak 5-1-2014 pukul 14:00 wib.  Gunung Raung terletak di Kab. Jember, Kab. Banyuwangi dan Kab. Bondowoso, Jawa Timur. Kenaikan Waspada dikarenakan sejak tgl 4-1-2014 ada peningkatan gempa hembusan dan perubahan asap menjadi putih kecoklatan. Ancaman saat ini hanya di sekitar kawah. Rekomendasi: Masyarakat/pendaki tidak mendekati kawah (radius 2 km dari pusat kawah). 

Dari 127 gunungapi aktif di Indonesia hingga saat ini tercatat satu status Awas (level IV) yaitu G. Sinabung sejak 24-11-2013 hingga sekarang. Tiga gunung status Siaga (level III) yaitu G. Karangetang, G. Lokon dan G. Rokatenda. Enam gunung status Waspada (level II) yaitu G. Raung, G.Ibu, G.Lewotobi Perempuan, G.Ijen, G. Gamkonora, dan G. Soputan. 


Tipe letusan gunungapi bersifat slow onset sehingga antisipasi dan evakuasi dapat dilakukan sebelumnya. Gunungapi tidak meletus tiba-tiba tetapi selalu disertai dengan adanya tanda-tanda sehingga status gunungpun dapat ditetapkan peningkatan statusnya.


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts