Wakil Presiden RI Buka Acara Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-4 di Universitas Indonesia

DEPOK - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla secara resmi membuka acara  Pertemuan llmiah Tahunan (PIT)  ke-4 Tahun 2017 pada Senin (8/5) di Balairung UI. Depok.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam keadaan bencana keselamatan sangat penting, oleh sebab itu dibentuklah lembaga yang khusus menangani bencana yaitu BNPB. Wakil Presiden berbagi pengalaman dalam penanggulangan bencana, dimulai dengan pembentukan lembaga Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) hingga BNPB. "Penanggulangan bencana di Indonesia sukses dilaksanakan dengan diberikannya penghargaan Global Champion dari PBB kepada Presiden SBY waktu itu," ujar Wapres Jusuf Kalla.

Pertemuan ilmiah tahunan riset kebencanaan merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk menggali peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penanggulangan bencana di Indonesia. PIT riset kebencanaan pertama kali diselenggarakan dikota Surabaya pada juni 2014, ke-2 dilaksanakan di Yogyakarta pada mei 2015 dan ke-3 dibandung pada mei 2016.

Sementara itu Kepala BNPB  Willem Rampangilei melaporkan bahwa dalam PIT ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang penting seperti PIT pertama, kedua dan ketiga, serta dapat meningkatkan kesadaran akan pengurangan resiko bencana.

Rangkaian kegiatan dalam PIT ini diisi dengan diskusi panel, pameran dan ignite stage, pameran poster dan foto, pemutaran film, studi eskursi serta seminar internasional.


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas

Related posts