UPDATE LONGSOR OKI SELATAN DAN SEMARANG

Penanganan longsor yang terjadi di OKU Selatan pada Jumat (5/4) pukul 10.00 WIB masih dilakukan. Lokasi kejadian di Ds. Tanjung Baru, Kec. Warkuk Ranau Selatan, Kab. Ogan Komering Ulu Selatan, Prov. Sumatera Selatan. Korban jiwa :  3 orang ditemukan selamat,  6 orang masih tertimbun longsor,  1 orang petugas meninggal (a.n. Endy Surahman/30 th) akibat  buldoser terbalik menuju lokasi sekitar 3 m.

Kedalaman longsor 4 meter, lokasi longsor adalah tempat penambangan dan warga membuat terowongan yang longsor saat hujan deras. Kendala yang dihadapi tidak ada alat berat, kantong mayat dan mobil logistik Upaya yang telah dilakukan : (1) BPBD Oku Selatan memberikan bantuan uang duka sebesar Rp.5 juta/korban, paket sembako; (2) Tim TRC BPBD prov berangkat ke lokasi membawa peralatan dan kantong mayat
Sementara itu penanganan longsor di Ds.Kemitir dan Dsn.Ngoho, Kec.Sumowono, Kab.Semarang, Prov Jawa Tengah yang terjadi Kamis, 04 April 2013 Pkl.14.30 WIB masih dilakukan. Korban jiwa 1 Orang Meninggal dunia (Perempuan/16 thn), Kerugian materil : masih dalam proses pendataan.
Hujan deras selama 2 jam, mengakibatkan lereng di belakang rumah salah satu warga longsor dan mengenai tepat di belakang rumah tersebut. Lalu dinding rumah jebol. Kebetulan posisi kamar tidur tepat di belakang dinding yang jebol, maka anak perempuan yang tertidur di kamar tersebut tertimpa tanah longsor.

Upaya yang telah dilakukan BPBD bekerja sama dengan personil SAR, TNI & masyarakat setempat melakukan assesment serta menyalurkan logistik

Sumber
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas

Related posts