TTX Ambon DiREx 2016: Uji EAS Toolkit Tanggap Darurat

JAKARTA - Tabletop Exercise (TTX) Ambon Disaster Response Exercise (DiREx) pada 15 - 17 November 2016 di Kota Ambon, Maluku yang melibatkan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional dan internasional menjadi ajang uji perangkat EAS Toolkit pada fase tanggap darurat.

East Asia Summit (EAS) Toolkit merupakan panduan bagi negara-negara yang tergabung dalam Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur yang terdiri ASEAN dan 8 negara Mitra Wicara dalam bidang penanggulangan bencana, khususnya dalam tanggap darurat bencana.

TTX Ambon dengan mengangkat tema “Promoting the EAS Rapid Disaster Response Toolkit as a Regional Protocol in Strengthening Effective Collaboration on Disaster Response and Resilience in the Region” berupaya untuk memvalidasi EAS Toolkit sebagai panduan referensi bagi para pengambil keputusan dalam mengkoordinasikan penerimaan maupun penawaran/pemberian bantuan saat tanggap darurat bencana.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja menyampaikan bahwa latihan bersama ini sangat penting dalam peningkatan kapasitas regional terhadap respon bencana yang terkoordinasi.

TTX nanti akan memvalidasi mekanisme berbagi informasi melalui peran dan fungsi National Focal Points dalam tanggap darurat bencana.

Di samping itu, TTX Ambon ini, "meningkatkan pemahaman yang sama dalam menangai atau melindungi warga negara asing di wilayah terdampak bencana," kata Wisnu.

Wisnu menambahkan TTX juga memiliki sasaran untuk meningkatkan pemahaman yang sama terkait SASOP Bab VI yang membahas penggunaan aset-aset militer (selaras dengan hasil ARDEX TTX 2016). SASOP atau Standard Operating Procedure for Regional Standby Arrangements and Coordination of Joint Disaster Relief and Emergency Response Operations merupakan standar prosedur operasi bagi AHA Centre pada saat respon darurat di kawasan ASEAN.

Terkait dengan EAS Toolkit, Pemerintah Indonesia dan Australia sebelumnya telah menandatangani dokumen kerjasama bidang penanggulangan bencana pada 2011. Kemudian pada tahun 2012 hingga 2014, kedua pihak menindaklanjuti dengan penyelenggaraan Latihan Mentawai Megathrust Disaster Response Exercise (MM DiREx) di Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Selanjutnya, pihak Australia menyusun EAS Toolkit pada tahun 2013 hingga 2014, dan meluncurkannya pada 2015  di Bali.

Pelaksanaan TTX Ambon akan berfokus pada peran dan tanggung jawab, mekanisme koordinasi, dan dampak dari keputusan yang dibuat bagi pihak-pihak terkait lainnya, serta hal-hal yang menjadi perhatian bagi semua pelaku pada tanggap darurat.

TTX Ambon akan menggunakan skenario bencana gempabumi dan tsunami. Ambon yang terletak di timur Indonesia termasuk dalam wilayah rawan bencana tsunami. Indonesia sendiri berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik dunia yaitu Lempeng Australia, Lempeng Indo-Austrialia dan Lempeng Pasifik. Ambon termasuk wilayah yang terdampak dari proses penunjaman lempeng.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas

Related posts