Mulailah mengetik pada pencarian di atas dan tekan tombol kaca pembesar untuk mencari.

Tangguh Awards 2020

Tangguh Awards 2020
BAGIKAN:






 Tangguh Awards 2020



Tingkat potensi bencana di Indonesia sangat tinggi dengan berbagai macam jenis. Bila digolongkan secara umum/sederhana ada BENCANA ALAM (banjir, gempa bumi, erupsi gunung api, kebakaran hutan dan lahan, longsor, dll) dan BENCANA NON-ALAM (wabah/pandemi penyakit, kegagalan teknologi, bangunan/jembatan runtuh, dll). Semua bencana pada dasarnya bisa dihindari atau dikurangi, asalkan manusia memahami, beradaptasi dan bersahabat dengan lingkungannya. Biasanya dalam upaya manajemen penanggulangan bencana dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap:

PERTAMA. Tahap prabencana yang dilaksanakan ketika sedang tidak terjadi bencana dan ketika sedang dalam ancaman potensi bencana (pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, pengurangan risiko, strategi penanganan, dll).

KEDUA. Tahap tanggap darurat yang dirancang dan dilaksanakan pada saat sedang terjadi bencana (tanggap darurat, penanggulangan situasi krisis, evakuasi, search and rescue, penanganan pengungsian, dll).

KETIGA. Tahap pasca bencana yang dilaksanakan saat atau setelah terjadi bencana. (rehabilitasi, rekonstruksi, hunian sementara, relokasi, pembangunan kembali, pemulihan ekonomi atau psikologi, dll).

Penanganan penanggulangan bencana tidak akan sanggup dilakukan hanya oleh pemerintah saja. Untuk hasil penanggulangan bencana yang baik maka hal-hal ini harus menjadi urusan bersama atau didukung semua pihak secara pentaheliks. Pentaheliks meliputi lima unsur utama sebuah negara: pemerintah, masyarakat/komunitas, dunia usaha/pengusaha, akademisi/ilmuwan/peneliti/dunia pendidikan, dan media. 

Penanggulangan bencana bisa dilakukan oleh siapa saja/semua orang dengan berbagai cara. Dari hal sederhana yang dianggap kecil hingga yang berdampak luas dan langsung. Kesemuanya merupakan merupakan cerminan bangsa dalam membangun budaya sadar bencana untuk mencapai Indonesia Tangguh Bencana. Peserta lomba dipersilahkan memilih dan menentukan sudut pandang, judul, jenis bencana, tahapan, cara penanggulangan, dll. yang akan digali, dari tema “PENANGGULANGAN BENCANA URUSAN BERSAMA”.


Indonesia merupakan negara besar yang dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, namun letak geografis wilayah Indonesia juga memiliki potensi ancaman bencana yang tinggi dengan segala variannya. Sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Indonesia telah mempunyai Sistem Penanggulangan Bencana Nasional yang perlu diketahui dan dapat diimplementasikan bersama oleh Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakatnya untuk siap menghadapi bencana. Budaya sadar bencana telah menjadi salah satu agenda prioritas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pengetahuan seluruh komponen bangsa harus terus ditingkatkan dan harus menjadi  bagian dari  perilaku keseharian masyarakat  kita. Indonesia    sebagai bangsa besar dengan keragaman budaya yang harus mampu mewujudkan Ketangguhan  Bangsa dalam Menghadapi Bencana .

 

Kegiatan Lomba Kreativitas Kebencanaan atau Tangguh Awards sebagai salah satu sarana dan upaya membangun kesadaran masyarakat terhadap bencana. Kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 2012 lalu merupakan wadah bagi masyarakat untuk berbagi informasi dan pengetahuan yang disampaikan melalui sebuah karya yang dapat memberikan manfaat bagi orang banyak.

 

Tahun 2020 ini Indonesia dan beberapa Negara di dunia sedang menghadapi bencana non alam berupa pandemic COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. COVID-19 membuat beberapa masyarakat Indonesia harus tetap berada di rumah, maka dari itu Tangguh Awards Tahun 2020 akan menjadikan COVID-19 sebagai salah satu sub tema dalam lomba tahun ini, sebagai wujud sosialisasi informasi dan pembelajaran agar masyarakat lebih sadar, mengerti dan bersama-sama menanggulangi penyebaran covid19. Dengan dirumah aja masyarakat bisa mengikuti lomba ini dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang penanggulangan bencana COVID-19 dan bencana alam di Indonesia.

 

Tangguh Awards Tahun 2020 dengan tema “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama” dalam ruang lingkup penanggulangan COVID-19 dan bencana alam di Indonesia akan memperlombakan kategori  Foto, video ilm, poster dan komik strip  berhadiah  total  puluhan juta  rupiah ini,  dapat diikuti oleh masyarakat umum.

 

Partisipasi Anda dalam lomba kreativitas kebencanaan BNPB adalah wujud kepedulian bersama membangun budaya sadar bencana serta bentuk keikutsertaan dan dukungan masyarakat dalam rangka penanggulangan COVID-19 di Indonesia. Salam tangguh!

 

Persyaratan Umum

·       Kategori lomba kreativitas kebencanaan BNPB 2020 adalah : 1). Foto; 2). Video Iklan Layanan Masyarakat (ILM); 3). Poster; 4). Komik Strip.

·       Tema Lomba “Penanggulangan Bencana urusan Bersama” dalam ruang lingkup penanggulangan COVID-19 dan bencana alam di Indonesia.

·       Lomba terbuka untuk umum bagi Warga Negara Indonesia dan bebas biaya pendaftaran. Tidak berlaku bagi pegawai dan karyawan di lingkungan BNPB

·       Lomba ini menggunakan 3 (tiga) media daring/sosial yang ada yaitu Facebook, Twitter dan Instagram. Peserta diperbolehkan mengikuti ke 4 kompetisi ini dengan 3 (tiga) media sosial atau memilih salah satu diantaranya.

·       Peserta wajib me-LIKE atau mem-FOLLOW 

o   Facebook: @InfoBencanaBNPB

o   Twitter: @BNPB_Indonesia

o   Instagram: @BNPB_Indonesia

·       Karya atau link/tautan karya Foto, video ilm, poster dan komik strip harus di-upload atau di- posting melalui Facebook, Twitter dan Instagram. Karya video diperbolehkan diupload melalui aplikasi lain (seperti Youtube, dll).

·       Setiap judul karya/posting-an wajib di-mention ke salah satu/ketiga akun BNPB yang sesuai dan mencantumkan tagar/hastag: #TangguhAwards2020 #PenanggulanganBencanaUrusanBersama #DirumahAja #SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana di akun media sosial peserta.

·       Karya yang dikirimkan adalah karya yang belum pernah memenangkan perlombaan sejenisnya.

·       Karya tidak mengandung unsur SARA, Politik dan Pornografi.

·       BNPB berhak menggunakan hasil karya pemenang dan nominasi lomba untuk keperluan edukasi dan publikasi kebencanaan.

·       Empat pemenang Juara 1 berhak menerima hadiah sebesar Rp. 5 Juta/Kategori. Selain itu juga akan diberikan hadiah kepada Juara hadiah sebesar Rp. 3 Juta/Kategori, Juara 3 hadiah sebesar Rp. 2 Juta/Kategori, Juara Favorit hadiah sebesar Rp. 1 Juta/Kategori dan 32 nominasi hadiah sebesar Rp. 500.000. Total hadiah untuk seluruh pemenang sebesar Rp 74.074.000,- berikut PPn 10%.

·       Peserta wajib mendaftarkan karyanya dengan mengisi formulir biodata pribadi/perwakilan, judul karya dan link media sosial sebagai data keikutsertaan lomba ke https://bit.ly/formtangguhawards2020 . Setiap formulir hanya dapat memasukkan satu judul karya. Tiap peserta dapat mengirim lebih dari satu karya dengan mengisi kembali formulir tersebut di atas.

·       Peserta dianggap gugur bila diketahui melanggar persyaratan, tidak sesuai kategori  dan melakukan kecurangan seperti plagiat atau mencuri hak cipta orang lain dan hal lainnya yang dianggap merugikan pihak lain.

·       Batas akhir pengunggahan dan pendaftaran karya tanggal 31 Agustus 2020.

·       Informasi lebih lanjut mengenai lomba dapat dilihat pada bnpb.go.id atau menghubungi Panitia  BNPB via Whatsapp 0822-1001-1980 dan 0813-1926-4894.



Persyaratan Khusus

 

1.   Lomba Foto

·       Hasil foto dapat diperoleh menggunakan alat apa saja. HandphoneDSLRpocket camera, dll.

·     Edit foto hanya diberikan pada toleransi contrastlevelbrightness dan tidak diperkenankan memanipulasi foto (digital imaging) dan penambahan tulisan.

·     Unggah foto melalui akun media sosial peserta dengan mencantumkan judul dan caption menarik beserta hastag dan mention/tag ke media sosial BNPB.

·     Pemenang/nominasi lomba foto wajib memberikan file digital foto dengan format minimum JPG (8bit), resolusi 72 - 300 dpi, panjang/tinggi 2.048 pixel.

 

 

2.   Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat (ILM)

·     Video bebas disajikan dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat.

·     Durasi maksimal 1 menit.

·     Bahasa utama yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Jika menggunakan bahasa asing atau daerah, wajib disertai subtitle Bahasa Indonesia.

·     Dilarang menggunakan footage yang bercopyright

·     Broadcast karya video melalui akun peserta dengan aplikasi apapun (Facebook, Youtube, dll) dengan mencantumkan judul dan caption menarik beserta hastag dan mention ke media sosial BNPB.

·     Pemenang/nominasi lomba video akan diminta memberikan file digital video dengan resolusi minimum 1280 x 720 pixel dengan format .MOV, .MP4 atau .AVI.

 

 

3.   Lomba Poster

·     Poster terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi keduanya dengan memberikan informasi kepada khalayak.

·     Ukuran dan proses pembuatan poster bebas menggunakan aplikasi komputer atau manual. Karya manual dapat dipindai (scan)/foto, teknis dan gaya visualisasi bebas.

·     Unggah karya poster/gambar melalui akun media sosial peserta dengan mencantumkan judul dan caption menarik beserta hastag dan mention ke media sosial BNPB.

·     Pemenang/nominasi lomba poster akan diminta memberikan file digital beresolusi tinggi dengan format minimum JPG sama/lebih dari A3, resolusi 300 dpi, panjang/tinggi 2.048 pixel.

 

 

4.   Lomba Komik Strip

·     Komik strip terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi keduanya dengan memberikan informasi kepada khalayak.

·     Ukuran dan proses pembuatan poster bebas menggunakan aplikasi komputer atau manual. Karya manual dapat dipindai (scan)/foto, teknis dan gaya visualisasi bebas.

·     Karya minimal 8 Strip, upload ke IG Feed, 1 strip/slide dan 2 slide untuk komik grid (4 strip/Grid)

·     Unggah karya Komik strip melalui akun media sosial peserta dengan mencantumkan judul dan caption menarik beserta hastag dan mention ke media sosial BNPB.

·     Pemenang/nominasi lomba komik strip akan diminta memberikan file digital beresolusi tinggi dengan format minimum JPG sama/lebih dari A3, resolusi 300 dpi, panjang/tinggi 2.048 pixel

 

 

Penentuan Pemenang

1.   Pemenang adalah peserta yang telah memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

2.   Unsur penilaian adalah kesesuaian tema, kekuatan pesan, kualitas dan orisinalitas karya.

3.   Nama-nama pemenang akan diumumkan melalui www.bnpb.go.id dan akun resmi media sosial BNPB pada bulan Oktober 2020.

4.   Pemenang Juara 1, 2, 3 dan nominasi akan dipilih oleh dewan juri. Pemenang favorit ditentukan dari banyaknya karya yang di-sukai/like/retweet/share dan kesesuaian dengan tema lomba.

5.   Panitia berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang jika ditemui melakukan kecurangan dalam hal apapun yang dianggap melanggar syarat dan ketentuan kompetisi ini.

6.   Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



Unduh Persyaratan Dalam PDF DISINI                    Unduh Assets Ketentuan & Peryaratan (IMG) DISINI