STATUS GUNUNG SINABUNG DINAIKKAN SIAGA, 4 DESA DIUNGSIKAN

Adanya peningkatan aktivitas Gunungapi Sinabung yang berada di Kab. Karo, Sumatera Utara, maka  PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM telah menetapkan kenaikan status gunungapi dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Kenaikan status ini berlaku  terhitung mulai Minggu (3-11-2013) pukul 03.00 WIB. Kenaikan Siaga tersebut telah dilaporkan kepada Kepala BNPB. Sebelumnya status Waspada telah berlaku sejak 29 September 2013.

Status Siaga ditetapkan karena adanya peningkatan kegempaan dan bertambah tingginya kolom letusan abu. Dilaporkan telah terjadi erupsi pada Minggu (3/11/2013) pukul 01:26:44 WIB. Tinggi abu vulkanik mencapai 7.000 m dengan arah angin ke barat. Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat dengan lama 10 menit. Letusan Gn. Sinabung semakin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi.


Dengan adanya kenaikan status Siaga tersebut maka direkomendasikan tidak ada aktivitas di radius 3 km dari kawah Sinabung. Masyarakat di desa Sukameriah, Bekerah, Simacem dan Nardinding yang berada dalam radius 3 km dan berada di depan bukaan kawah untuk  diungsikan terlebih dahulu.


Related posts