Serah Terima Dua Unit Ambulance Kepada PMI

JAKARTA - Sebagai tindak lanjut atas surat dari palang Merah Indonesia nomor 1261/SARPRAS/VIII/2015 tanggal 4 Agustus 2015 perihal permohonan bantuan ambulance maka BNPB yang dalam undang-undang berperan selaku koordinator penanggulangan bencana melaksanakan serah terima kendaraan ambulance sejumlah 2 (dua) unit beserta perlengkapan medis yang terdapat di dalamnya. Serah terima dilaksanakan pada hari Jumat (21/08) di Graha BNPB Jl. Pramuka Raya Kav. 38 Jakarta Timur. Peminjaman ini dilakukan dalam rangka pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat khususnya di saat terjadinya bencana.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Ir. Dody Ruswandi, MSCE yang mewakili Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana langsung menyerahkan kunci kendaraan kepada Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia, dr. Ritola Tasmaya, MPH, yang dalam hal ini bertindak atas nama Ketua Umum Palang Merah Indonesia dan disaksikan oleh beberapa pejabat dan staf dari kedua instansi.

Dody Ruswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa BNPB berusaha tiap tahunnya untuk terus meningkatkan dukungan dan pemenuhan kebutuhan PMI serta para seluruh stakeholder yang bergerak di lingkup penanganan bencana. “Kendaraan ambulance ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan integrasi penanggulangan bencana antara PMI dan BNPB.” ujarnya.
Ritola Tasmaya  mengatakan “Tugas dan posisi PMI adalah membantu masyarakat dan sekaligus sepenuhnya membantu pemerintah. Maka dalam segala kegitan di bidang bencana baik pada tingkat pusat maupun tingkat daerah PMI selalu saling mendukung dan bekerjasama dengan BNPB dan BPBD. Saat ini PMI dan BNPB sedang bersama-sama memperbarui undang-undang kebencanaan, diharapkan akan terbentuk undang-undang kebencanaan yang lebih baik dan lebih jelas mengenai garis komando BNPB. Walau sistem organisasi di PMI berbeda diharapkan kedepannya kerjasama dapat ditingkatkan pada tingkat lapangan dan terjadi sinergi yang lebih kuat antara PMI, BNPB, dan BPBD. Atas nama teman-teman PMI kami mengucapkan terima kasih.”. (to)


Related posts