Road Show Bantuan Kemanusiaan BNPB di Maluku

MALUKU - Road Show Bantuan Kemanusiaan BNPB di Maluku, 22-25 Oktober 2019. 

Selasa 22/10

BNPB melalui Direktorat Penanganan Pengungsi Kedeputian Bidang Penanganan Darurat melakukan berbagai kegiatan di Kabupaten Maluku Tengah yaitu di titik kebun Jumaat Desa Tial Kecamatan Salahutu.  Jumlah pengungsi  yang ada ditempat berjumlah 148 KK atau sekitar 400 jiwa. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu layanan psikososial dan layanan kesehatan. 

Layanan psikososial berupa menonton video edukasi, permainan, relaksasi kepada anak dan ibu-ibu dgn dukungan artis ibukota Vera dan Rini ratu. Layanan kesehatan yaitu dokter umum dan dokter gigi serta pemberian obat. Tercata 54 pasien umum dan 7 pasien tindakan gigi dukungan relawan rajawali Jakarta. Sedangkan penyakit terbanyak yaitu ISPA dan kulit. Pada kesempatan tersebut hadir Direktur Penanganan Pengungsi Bapak Johny Sumbung dan memberikan arahan penguatan kesiapsiagaan penyelamatan diri dan keluarga serta tidak panik saat gempa. “ anak-anak semua yang ada disini belajar agar tidak panik waktu gempa ya” ujar Direktur. Lokasi ketinggian yang cukup terjal cukup menyulitkan tim karena akses jalan beraspal juga belum dibuat sehingga mengharuskan berjalan kaki.

Sore harinya tim BNPB mengunjungi Pos pengungsi Garser Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Di lokasi ini telah hadir Bapak Sekretaris Kota Ambon Bapak Anthony Gustaf Latuheru yang kemudian memberikan sambutan ucapan terimakasih atas kehadiran tim BNPB. “ Kami berterimakasih kepada Bapak Jhon dan rombongan tim BNPB untuk memberikan bantuan kegiatan pada sore hari ini” pungkas Bapak Latuheru. Tidak kurang dari 159 KK atau 889 jiwa di lokasi Garser yang cukup tinggi. Empat artis yaitu Rini Ratu, Vera Maureen, dan Wina Moreno serta Pakdhe Prapto menghibur anak-anak yang ada di pos tersebut. Layanan kesehatan dokter umum dan dokter gigi juga digelar, sebanyak pasien umum diberikan resep dan obat serta 10 tindakan praktek gigi. Pemberian bantuan selimut bayi juga dilakukan dengan menyisir dari tenda ke tenda.

Rabu 23/10

Haruku (23/10). Tim BNPB menyeberangi laut dari pulau Ambon ke pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah untuk melakukan kegiatan bantuan kemanusiaan. Bersama mitra lokal yaitu Aliansi Kapitan Maluku dan Tagana Rajawali Bersama-sama BNPB melakukan kegiatan  di  Sekolah darurat SDN 01 Negeri (Desa) Oma. Jumlah siswa di lokasi yaitu sebanyak 115 anak. Bangunan sekolah yang beratap rumbia bertiang kayu dan berdinding terpal dengan 4 lokal/bilik kelas tidak menyurutkan semangat anak-anak mengikuti kegiatan seperti menonton video edukasi gempa, bermain dan bernyanyi yang dipandu para relawan dan artis-artis rombongan BNPB. Sebagian ibu-ibu orang tua murid juga diadakan kegiatan relaksasi dari Relawan Komunitas lapan.

Selepas siang di pulau yang sama tim bergeser ke titik pos pengungsian lapangan Negeri Kailolo Kec. Pulau Haruku dengan memutar menggunakan speed boat. Data pengungsi lapangan Kailolo yaitu dilaporkan 948 KK atau 3.337 jiwa. Kegiatan kemanusiaan yang digelar tidak jauh berbeda yaitu layanan kesehatan (umum dan gigi) serta dukungan psikososial kepada anak dan ibu-ibu.

Kamis 24/10

Seram (24/10) - Kembali rombongan BNPB menyeberangi lautan menggunakan kapal feri yang kali ini menuju Kabupaten Seram Bagian Barat. Lokasi yang dituju yaitu Dusun Kelapa Dua Kecamatan Kairatu tepatnya di lapangan SMK Muhammadiyah. Di titik ini terdapat 340 KK atau 1.267 jiwa warga yang mengungsi. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat Bapak Mansur Tuharea memberikan sambutan sebelum memulai acara di tenda BNPB sebelum pelaksanaan kegiatan. Bapak Sekda merasa bahagia kali kedua didatangi oleh rombongan Jakarta. “ kami bahagia kedatangan Bapak John dan rombongan untuk mengadakan kegiatan psikososial dan layanan kesehatan” ujar beliau. 

Selepas makan siang tim bergerak menuju Negeri Hatusua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Kawasan pengungsian yang berada dalam hutan-hutan selanjutnya menjadi lokasi terpilih pelaksanaan acara dukungan psikososial dan layanan kesehatan dokter umum dan dokter gigi. Di lokasi tersebut terdapat 436 KK yang tersebar di setiap tenda terpal.  

Jumat 25/10

Ambon (25/10) – Hari terakhir tim BNPB melakukan roadshow kegiatan kemanusiaan ke titik-titik pengungsian yaitu di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Selepas berlayar kembali dari Kabupaten Seram Bagian Barat tim langsung menuju titik perbukitan dimana titik konsentrasi pengungsi berada.

Kegiatan dukungan psikososial kembali digelar seperti menonton video edukasi bencana dan permainan melibatkan anak-anak. Layanan kesehatan dokter umum dan dokter gigi juga dibuka hingga jelang malam hari datang.

Direktorat Penanganan Pengungsi

Related posts