RATUSAN RUMAH TERENDAM BANJIR DI BANGKA BELITUNG

Hujan berintensitas tinggi dan berdurasi lama di wilayah Sumatera telah menyebabkan banjir di beberapa wilayah seperti Aceh Timur, Sumatera Barat dan Bangka Belitung pada Minggu (29/12). Di Babel banjir merendam 2 kecamatan di Kab. Belitung Timur yaitu Kec. Damar dan Kec. Kelapakampit. Tinggi banjir hingga 2 meter. Data sementara ada 117 rumah terendam banjir 

Satu orang hilang hanyut oleh banjir. Pencarian terhadap-Sumarna (25) pekerja tambang inkonvensional/TI di kawasan Desa Deniang Kecamatan Riausilip yang terseret arus saat banjir Minggu (29/12) akan dilanjutkan Senin (30/12) besok. Penghentian pencarian dilakukan karena hari sudah mulai gelap sekitar pukul 17.00 WIB. Kondisi air keruh ditambah dengan dikelilingi lubang camuy cukup membahayakan jika pencarain berlanjut. Sebelumnya, Suwarna hilang terseret arus saat berusaha meninggalkan camp TI bersama 5 rekannya. Keenam pekerja TI ini berjalan dari camp TI yang terendam banjir mencapai 1,2 meter menuju jalan setapak dengan beriringan. Namun, tiba-tiba Sumarna yang berjalan sempat terseret arus hingga lenyap dan beberapakali terlihat timbul tenggelam. Usaha rekan-rekannya untuk membantu sia-sia. Tim SAR dari Polres Bangka, Brimob, Basarnar dan BPBD Babel  terus berupaya melakukan pencarian juga gagal.


BPBD bersama unsur lainnya telah memberikan bantuan evakuasi peralatan korban, menyalurkan bantuan " bufferstok pangan dan sandang" tanggap darurat. " Kondisi sekarang air sebagian sudah surut, setelah terendam antara 3 s/d  6 jam lebih. 


Info: Pairus (BPBD Babel +6281271751870) dan Aswin Kasi Kedaruratan BPBD Prov. Babel  081367425976.


Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts