Rapat koordinasi pelaksanaan survey pemasangan rambu dan papan informasi bencana sepanjang Sesar Cimandiri

Sukabumi, (2/12/19) Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana adalah dengan menggunakan atau menempatkan rambu dan papan informasi bencana pada daerah-daerah rawan bencana. 

 

Melalui Direktorat Kesiapsiagaan telah dilakukan rapat koordinasi pemasangan rambu dan papan informasi bencana

Di kawasan Sesar Cimandiri pada hari sabtu(30/11/19) di kantor BPBD Cianjur dan dilanjutkan dengan survey titik pemasangan di 3 kabupaten yang dilintasi oles Sesar Cimandiri. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sukabumi, kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Hadir mewakili BNPB dalam rapat koordinasi tersebut Radito Pramono Susilo (Kasubdit Penyiapan Sumber Daya), Pandu Minarno (PVMBG,Badan Geologi) Dr. Nuraini Rahma Hanifa (PUSGEN), perwakilan BPBD Kab. Cianjur, perwakilan BPBD Kab. Sukabumi, perwakilan BPBD Kab.Bandung Barat. Dalam sambutan pembukanya Radito menjelaskan “kegiatan pemasangan rambu dan papan informasi bencana ini merupakan satu rangkaian dari pelaksanaan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana pada 26 April 2019 lalu, atas dukungan dari lembaga usaha telah dilakukan pemasangan rambu dan papan informasi bencana di 4 lokasi yang dintasi sesar Lembang dan dilanjutkan dengan pemasangan di titik-titik lain yang sudah di survey sebelumnya. Kelanjutan dari kegiatan tersebut, atas arahan pimpinan agar dilaksanakan juga untuk di kawasan sesar cimandiri”. Radito menambahkan “Survey lapangan dilakukan agar menjadi bahan pertimbangan penempatan rambu dan  papan informasi bencana dilokasi-lokasi trtentu dan tidak terlalu rapat jarak antara satu rambu dengan yang lainnya”. Dalam rapat koordinasi tersebut disepakati pembagian tim survey dan penentuan lokasi survey berdasarkan rekomendasi awal serta didampingi oleh pakar/peneliti. 

 

Tentang Sesar Cimandiri

 

Sesar Cimandiri memanjang dari teluk pelabuhan ratu hingga padalarang sepanjang 100 km, berarah NE-SW. Sesar cimandiri merupakan sesar yang memiliki komponen sesar sinistral dan juga memiliki komponen sesar menaik, dan memiliki slip rate sekitar 0.4-1mm/tahun.

Banyak gempa yang cukup besar terjadi di zona ini antara lain tahun 1900 dengan MMI VII, tahun 1982 dengan M5.5 dan tahun 2000 dengan M5,4 dan M5,1

 

Perka BNPB No.7/2015

 

Agar penggunaan dan penempatan rambu dan papan informasi bencana dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien maka dikeluarkanlah Peraturan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nomor 7 Tahun 2015 tentang Rambu dan Papan Informasi Bencana (Perka BNPB No. 7/2015) oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Tindaklanjut dari temuan lapangan dan hasil survey tersebut adalah finalisasi lokasi pemasangan yang selanjutnya menjadi panduan bagi pemerintah daerah setempat untuk dilakukan pemasangan.

 

Direktorat Kesiapsiagaan

Related posts