RANGKAIAN PERINGATAN BULAN PRB : EVAKUASI MANDIRI

Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dari Kedeputian Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Mataram, melakukan kegiatan penanaman mangrove di Dusun Cemare dan evakuasi mandiri di Dusun Teluk Buwur (8/10).

Kedua daerah tersebut terletak di pesisir Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang merupakan wilayah  rawan terhadap tekanan lingkungan baik yang berasal dari darat maupun dari laut. Naiknya permukaan air laut merupakan dampak dari pemanasan global yang melanda seluruh belahan bumi dan berpengaruh terhadap timbulnya banjir yang dipicu oleh gelombang pasang.

Dipilihnya kedua lokasi tersebut merupakan desa pesisir di Kabupaten Lombok Barat yang memliki karakteristik kelokalan yang amat beragam. Kegiatan simulasi evakuasi mandiri ini ditetapkan oleh jarak dusun dengan laut, jumlah penduduk, dampak risiko dan sejarah kejadian bencana yang dipengaruhi oleh siklus musim angin barat.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat menjelaskan swadaya masyarakat, peningkatan ekonomi sosial dan mangrove merupakan indikator dari desa tangguh. Masyarakat sadar untuk ingin dilatih, selamat dari bencana serta menumbuhkan kesadaran memelihara mangrove sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi desa tangguh.

Related posts