PUTING BELIUNG TERJANG LUMAJANG

Hujan deras yang disertai oleh angin puting beliung melanda Kabupaten Lumajang, Prov Jawa Timur pada Senin (6/5) pukul 14.30 Wib. Dua kecamatan terdampak oleh puting beliung yaitu Kec Padang dan Kec Gojalit. Kejadian hanya berlangsung sekitar 15 menit. Dampak yang ditimbulkan sekitar 115 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Di  Kec Padang terjadi di Desa Bodang menyebabkan 65 rumah rusak, 1 SD Bodang rusak ringan, kantor Polsek rusak ringan dan kantor Dinas Tanaman Pangan juga rusak ringan. Sedangkan di Kec Gojalit terdapat 50 rumah rusak ringan, 2 tiang listrik roboh sehingga listrik padam, dan beberapa pohon tumbang.

BPBD Lumajang segera melakukan penanganan bencana bersama dinas terkait. Pendataan masih dilakukan. Mengingat kondisi gelap pada sore tadi maka penanganan akan dilanjutkan besok pagi.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dari ancaman puting beliung. Hingga saat ini belum ada sistem peringatan dini puting beliung. Sifatnya yang sesaat dan lokal menyebabkan sulitnya memprediksi puting beliung. Sementara itu puting beliung saat ini menjadi ancaman bencana yang makin meningkat. Pada tahun 2012, puting beliung adalah bencana terbanyak kejadiannya di Indonesia yaitu 31 persen dari 1.847 kejadian bencana.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts