PRESIDEN RI BANTU 1 MILIAR UNTUK PEMULIHAN EKONOMI PRODUKTIF MERAPI

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan bantuan Rp 1 miliar bagi masyarakat korban bencana erupsi Merapi. Bantuan ini ditujukan untuk membantu pemulihan ekonomi produktif  masyarakat. Bantuan tersebut akan diserahkan kepada Bupati Sleman Sri Purnomo. Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membantu 500 ekor sapi, jalur evakuasi dan 2 jembatan permanen sebagai bagian dari proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca erupsi.


Penjelasan tersebut disampaikan oleh Presiden SBY pada kunjungan di hunian tetap (huntap) Pager Jurang, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, pada Jumat (18/10). Beliau mengunjungi dan berdialog masyarakat yang telah direlokasi di huntap tersebut. Masyarakat huntap Pager Jurang sebelumnya bermukim di wilayah Kaliadem dan kemudian direlokasi pasca erupsi Merapi beberapa tahun lalu.


Sri Purnomo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta dalam penanggulangan bencana Merapi dan pelaksanaan rehabilitasi relonstruksi pasca erupsi. Hal senada juga diungkapkan oleh Presiden SBY atas kerja keras BNPB dan kementerian terkait, serta pemerintah daerah untuk membantu masyarakat pada proses rehabilitasi dan rekonstruksi ini.


Kepala BNPB Syamsul Maarif dan Bupati Sleman menerima Presiden SBY beserta rombongan dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan di Gedung Serba Guna Huntap Pager Jurang dan tatap muka dengan warga huntap. Presiden SBY menyempatkan bertemu dengan salah satu warga dan meninjau rumah ekonomi produktif.


Mengakhiri kunjungan, Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono menanam pohon jenis Pinus Mercusii tepat di halaman depan Gedung Serba Guna Pager Jurang.

Related posts