PERESMIAN INFRASTRUKTUR DAN PEMUKIMAN DI PASAMAN SUMATERA BARAT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), DR.Syamsul Maarif,M.Si bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim dan Bupati Pasaman Benny Utama meresmikan jembatan baru rangka baja yang dibangun di kampung tongah, Nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, Selasa (23/4).
 Acara diselenggarakan diatas jembatan Batang Sumpur, yang dibangun dari dana rehabilitasi dan rekonstruksi BNPB. Selain meresmikan Jembatan Batang Sumpur yang merupakan jembatan penghubung antar 2 (dua) kecamatan yakni kecamatan Padang Gelugur dan Kecamatan Panti. Dua jembatan lainya, juga diresmikan yaitu Jembatan Batang Landu di Kecamatan Tigo Nagari dan Jembatan Durian Kunyit di Kecamatan Bonjol serta 147 unit Hunian Tetap (Huntap) di Kecamatan Simpati yang diterjang Banjir Bandang pada 22 Februari 2012 lalu, Keempatnya sekaligus diresmikan oleh Kepala BNPB yang diberi gelar oleh masyarakat Padang yakni Yang Dipatuan Rajo Maulana Paga Alam.
Dalam sambutannya, Syamsul Maarif menyatakan BNPB akan tetap memprioritaskan penanganan bencana yang terjadi di berbagai wilayah saat ini, termasuk daerah Pasaman yang dinilai rawan bencana alam seperti, banjir dan longsor. "Pemerintah daerah sangat responsif terhadap penanggulangan bencana yang terjadi. Terbukti dengan selesai dibangunnya Jembatan Batang Sumpur ini," ucapnya. "Ini terealisasi karena ada sinergisitas antara BNPB dan Pemda. Jembatan ini memiliki nilai lebih karena tidak hanya sebagai sarana penyeberangan tetapi juga menghubungkan warga di dua kecamatan," tambahnya.
Sementara itu Bupati Pasaman, Benny Utama, mengatakan dengan berfungsinya Jembatan Batang Sumpur ini, diharapkan roda perekonomian warga akan kembali berjalan normal, setelah sebelumnya sempat terganggu akibat ambruknya jembatan itu. “Kurang lebih satu tahun akses masyarakat terganggu akibat ambruknya jembatan ini, dan sekarang Alhamdulillah sudah bisa dimanfaatkan kembali,” ujar Bupati Benny Utama.
Turut hadir, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Noor Ali, Danlantamal II Padang Brigjen TNI Marinir Soedarmien Soedar, Bupati Agam Indra Catri, para Deputi BNPB, yakni Deputi Penanganan Darurat Ir.Dody Ruswandi, MSCE, Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Ir.Bambang Sulistianto,MM, Inspektur Utama Drs.Bintang Susmanto N,AK,MBA serta Pejabat Eselon II BNPB serta unsur Muspida dan seluruh jajaran kepala SKPD pemkab pasaman serta ribuan masyarakat setempat.

Related posts