PENGUKUHAN ORGANISASI & PENGURUS DHARMA WANITA PERSATUAN BNPB

Pengukuhan pengurus Dharma Wanita Persatuan BNPB hari ini Rabu (18/09) telah dilaksanakan di Jakarta. Acara pelantikan dihadiri oleh Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat, Ny. Nila F. Moeloek, Koordinator Indonesia Sehat – Ibu Hendarman Supanji beserta para istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Kepala BNPB, para pejabat eselon I dan II di lingkungan BNPB serta kepala BPBD seluruh provinsi di Indonesia.
Sebagai penasehat Dharma Wanita Persatuan BNPB, ibu Nani Syamsul Maarif, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas dukungan untuk tumbuh dan berkembangnya organisasi ini, dan diharapkan dapat memberikan dorongan serta pengaruh positif bagi peningkatan kinerja BNPB. Meskipun umurnya masih belia, Dharma Wanita BNPB telah turut berperan aktif dalam kegiatan sosial untuk membantu kelancaran tugas kemanusiaan, seperti memberikan bantuan bagi korban bencana gunungapi Merapi, gempa Sumatera Barat dan Aceh, serta kebakaran. Beliau berpesan agar Dharma Wanita dapat melaksanakan kegiatan organisasi sesuai norma-norma yang berlaku, melaksanakan pekerjaan dengan iklhlas dan senang hati, agar terasa ringan dan mengasyikkan. Selaku penasehat, ibu Nani juga menganjurkan agar para ibu pintar membagi waktu baik sebagai ibu, istri maupun pengurus Dharma Wanita. Selain itu juga peduli terhadap lingkungan dan organisasi serta memberikan dukungan kepada suami agar dapat melaksanakan tugas kemanusiaan yang penuh resiko. Dalam akhir sambutannya, ibu Nani menyatakan siap mendukung program Indonesia sehat dan membantu penanggulangan bencana di daerah.
Dalam acara pengukuhan ini, Ibu Nila F. Moeloek selaku Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat mengucapkan selamat atas terbentuknya Dharma Wanita Persatuan BNPB. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pada umumnya tantangan yang dihadapi di daerah bencana adalah kendala transportasi, infrastruktur, akses air bersih dan kesehatan. Dalam sepuluh tahun terakhir ini pertambahan penduduk Indonesia terlalu besar, dan tingkat pendidikannya sebagian besar masih berada pada tingkat dasar. Kita ingin menjadi bangsa yang cerdas. Untuk itu, tentunya perlu didukung oleh faktor ekonomi, lingkungan, pendidikan dan kesehatan yang memadai. Ada tiga pilar pembangunan berkelanjutan, yaitu kemakmuran ekonomi, proteksi lingkungan dan keadilan sosial.
Dalam rangka meningkatkan human development index, maka Dharma Wanita Persatuan melakukan berbagai program kegiatan antara lain berupa penyehatan masyarakat melalui edukasi dan akses air bersih, perempuan berpengetahuan, pencerah nusantara (gerakan menanam pohon), kemitraan berbasis gerakan masyarakat, dan pemanfaatan sosial media seperti menyebarluaskan informasi prakiraan cuaca, peringatan dini dan waspada bencana di berbagai sosial media dan website. Di akhir sambutannya, beliau mengajak kita semua untuk ramah terhadap lingkungan, berperilaku hidup bersih dan sehat.

Related posts