Pemerintah Mongolia Belajar Pengalaman BNPB Dalam Bencana

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Respon Darurat atau National Emergency Management Agency (NEMA) Pemerintah Mongolia sangat tertarik untuk mempelajari pengalaman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penanggulangan bencana di Indonesia.  Perwakilan  NEMA Mongolia yang berjumlah lima orang ini mendengarkan pengalaman yang dipaparkan beberapa pejabat BNPB di Ina-DRTG Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sentul, Jawa Barat, pada Selasa (7/10). 

Diskusi berlangsung dengan mengangkat beberapa topik, antara lain keterlibatan komunitas dalam program Community-Based Disaster Risk Management (CBDRM). Setelah berkunjung di BNPB, perwakilan NEMA Mongolia akan melanjutkan perjalanan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka berencana untuk bertemu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, REKOMPAK, dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DIY. Tidak hanya berdiskusi di belakang meja, rombongan NEMA akan meninjau daerah letusan Gunung Merapi dan belajar CBDRM pasca bencana. NEMA Mongolia sangat tertarik kisah-kisah sukses desa tangguh dan pemberdayaan masyarakat pasca erupsi.  

Saat ini NEMA Mongolia sedang melakukan revisi perundang-undangan terkait perlindungan masyarakat terhadap bencana. Penekanan revisi tersebut mengarah pada perbaikan fungsi dan kerjasama antar sektor lain dalam pelaksanaan penanggulangan risiko bencana atau disaster risk management. Diskusi bersama delegasi NEMA Mongolia yang dipimpin Badral T. juga bertujuan untuk mempelajari koordinasi antar kementerian/lembaga dalam upaya PRB. Topik lain dalam diskusi antara lain kelembagaan dan aspek legal dari fase penanggulangan bencana yang mencakup pra, saat, dan pasca bencana. 

Para Pejabat BNPB, Kepala Pusdiklat, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama, Direktur Kesiapsiagaan, Direktur Pemberdayaan Masyarakat, dan perwakilan Pusat Data, Informasi, dan Humas, menerima dengan hangat delegasi NEMA Mongolia yang melakukan kunjungan kerja pada 6 – 10 Oktober 2014. Setelah berdiskusi selama kurang lebih setengah hari, delegasi NEMA Mongolia selanjutnya meninjau fasilitas-fasilitas yang ada di Ina DRTG. (Phi)

Related posts