Pembuatan Kanal Blok Akan Terus Ditingkatkan

JAMBI- Kepala BNPB Willem Rampangilei meninjau lokasi pembuatan dan pemanfaatan kanal blok untuk pemadaman kebakaran lahan dan hutan dikecamatan Batara Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jumat (9/10/2015). Kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut menyebabkan asap tebal menyebar hingga ke Kota Jambi. Sebelum ada kanal blok Satgas Pemadam Karhutla mengaku kesulitan memadamkan kebakaran lahan dan hutan milik Area penggunaan Lain (APL) atau lahan milik warga seluas 209 hektar di Kacamatan Batara. Sebelum ada kanal blok Satgas Karhutla masih menggunakan mobil tangki untuk mengangkut air ke lokasi. Pembuatan kanal blok ini  dikoordinir oleh Kodim Tanjung Jabung baru. “Pembangunan kanal blok akan terus ditingkatkan karena bermanfaat mengalirkan air ke areal kebakaran lahan, sehingga pemadaman kebakaran lahan dapat dilakukan lebih cepat” kata Willem.

Menurut  Dandim Tanjung Jabung, Aqsha E menyatakan, sekitar 209 Ha lahan yang terbakar di Betara 10 dari luasan lahan 600 Ha, dan seluruh lahan tersebut adalah milik rakyat, yakni lahan APL (Areal Penggunaan Lain) di luar kawasan hutan.

Sementara itu Pejabat Gubernur Jambi, Irman mengatakan, pembuatan kanal di kawasan hutan dan lahan gambut di Jambi hingga pekan kedua Oktober ini sudah mencapai puluhan kilometer. Kanal yang sudah dibangun di lahan gambut Kampung Betara 10, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jamb 4,5 kilometer. Sedangkan pembuatan kanal di Kecamatan Kumpeh dan Petaling, Kabupaten Muarojambi mencapai enam kilometer.(adi)

Related posts