Pemantapan Sistem Manajemen Logistik di Manado

MANADO  -  Dalam rangka meningkatkan potensi di daerah dalam pengelolaan logistik meliputi penataan, penyimpanan dan pendistribusian dilaksanakan Pemantapan Sistem Manajemen Logistik oleh Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara pada hari Selasa - Rabu (29-30/9).

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan  Ir. Bambang Sulistianto, MM menyampaikan bahwa kebijakan manajemen logistik dan peralatan penanggulangan bencana dalam rangka pengelolaan dan penatausahaan logistik bencana agar dapat mempercepat arus distribusi dan akuntabilitas bantuan bencana. “Dengan adanya bantuan penguatan di tingkat pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota diharapkan dapat meningkatkan potensi di daerah baik pada prabencana maupun tanggap darurat bencana.  Pendekatan logistik ke daerah berarti mengurangi jarak yang digunakan untuk pengiriman logistik ke lokasi bencana,” tambahnya. Ia menekankan  pentingnya pengelolaan sumber daya manusia baik kualitas maupun kuantitas melalui latihan bagi petugas pengelola logistik baik petugas BNPB dan petugas BPBD Provinsi.

Kegiatan pemantapan ini diharapkan dapat mempersiapkan para petugas logistik BNPB dan BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota agar dapat mengelola dan menatausahakan logistik dengan lebih baik sehingga diharapkan terciptanya kesamaan presepsi terhadap pemahaman cara pengelolaan dan penatausahaan logistik. Acara dihadiri oleh 58 orang peserta yang terdiri dari perwakilan BPBD 33 Provinsi (BPBD Provinsi Riau tidak dapat hadir karena terkendala gangguan asap), perwakilan 15 BPBD Kota/Kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, serta perwakilan dari BNPB pusat yang terdiri dari Direktorat Peralatan, Direktorat Tanggap Darurat, Biro Perencanaan dan Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat.

Related posts