Pemantapan Manajemen Gudang Logistik Regional V di Provinsi Jawa Barat

BANDUNG, Direktorat Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung menyelenggarakan acara Pemantapan Manajemen Gudang di Hotel Jayakarta Bandung, Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11-13 November 2015 dan dihadiri 43 peserta perwakilan dari BNPB, BPBD Kab/Kota se-Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Banten. Kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Direktorat Logistik BNPB, dimana sebelumnya telah dilaksanakan di Cilacap, Banjar, Bengkulu dan Malang.

Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan pengelolaan gudang logistik yang efektif, efisien, dan tertib administrasi, menjamin kualitas dan kuantitas bantuan logistik, meningkatkan pelayanan dalam penanggulangan bencana, serta tersedianya data dan informasi logistik yang lebih akurat, aktual, dan akuntabel.

Acara dibuka oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Barat, Haryadi, Drs. M. Si. Dalam sambutannya, Beliau menyambut baik kegiatan ini, "Kegiatan ini sangat bermanfaat karena aspek gudang logistik dan peralatan dianggap biasa saja padahal harus ada teknik dan personel yang mumpuni di bidangnya. Harusnya kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Sehingga teman-teman di daerah bisa mengupgrade manajemen logistik. Karena biasanya kita sudah punya gudang tapi penataan belum baik".

Untuk pemantapan manajemen gudang logistik ini, peserta diberikan simulasi manajemen penataan gudang logistik di Gudang Logistik BPBD Kabupaten Bandung. Sebelum simulasi dilaksanakan, Kepala Sub Direktorat Penyimpanan dan Distribusi, Badrun, S.H, M.Pd memberikan arahan bagaimana cara menerima, menyimpan, dan mendistribusikan logistik yang baik. Dengan dilaksanakannya simulasi ini, diharapkan peserta dapat mengerti dan memahami bagaimana manajemen logistik baik.

Related posts