Pelatihan SMT Penanggulangan Bencana di Indonesia

Bangka Belitung – Para pejabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota berjumlah 40 orang, Rabu (9/10/2019). Mulai mengikuti kegiatan Penanggulangan Bencana Untuk Kepala Pelaksana BPBD (Senior Management Training) di Soll Marina Hotel- Bangka Belitung dalam rangka turut berpartisipasi pada kegiatan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2019, di Kota Pangkal Pinang. Provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 11 Oktober 2019 itu merupakan salah bagian program Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan para pengambil keputusan dalam menghadapi bencana di daerahya.

Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat  Dodi Ruswandi pada acara itu mengatakan, Kolaborasi di dalam penanggulangan bencana memegang peran penting dalam mencapai hasil yang baik, karena sifat bencana yang sulit dikendalikan, pengaruhnya pada kondisi kehidupan dan perikehidupan masyarakat, sehingga membutuhkan keterlibatan berbagai sektor, organisasi, dan pemangku kepentingan. Kolobarasi dibutuhkan dalam peningkatan efektivitas respons dan pengurangan korban. Pengambilan keputusan secara Tim pada suatu kejadian ekstrim dan dinamis adalah proses dimana banyak aktor berkontribusi dalam pencapaian hasil berdasarkan kemampuan kolektif di dalam kelompok tersebut.

Dodi Ruswandi mengatakan, Pemimpin dan pengelola keadaan darurat ditantang untuk membuat keputusan yang sulit kapan pun bencana berlangsung. Sebagian besar, keputusan-keputusan dibuat berdasarkan prinsip pengelolaan darurat, yakni menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin. Dalam hal ini, peningkatan kapasistas SDM penanggulangan bencana menjadi hal penting yang perlu dilakukan. Diharapkan dengan melalui pelatihan ini akan tercipta pemahaman yang lebih baik tentang pengelolaan dan penanggulangan bencana yang baik bagi para pengambil keputusan di daerah, khususnya kepala pelaksana BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia. 

 

 

RS /Pusdiklat BNPB

Related posts