Pelatihan Penggunaan DIBI Kependudukan dan penyusunan Infografis Kebencanaan

BNPB menyelenggarakan pelatihan penggunaan DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia) kependudukan dan penyusunan infografis kebencanaan, pada tanggal 5-6 Maret 2015, yang dihadiri oleh 30 peserta dari BNPB, BPBD dan kementerian terkait, acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB yang diwakili oleh Kasub.Bid. Statistik Teguh Harjito.

Teguh harjito memaparkan bahwa DIBI saat ini telah mengalami pengembangan sehingga terdapat penambahan modul-modul dan tools untuk memudahkan dalam penyajian data bencana, modul-modul yang ditambah antara lain data kependudukan dan data sensus penduduk tahun 1815-sekarang.

Tidak seperti pelatihan tahun lalu, pelatihan saat ini mengundang narasumber dari Tempo Yosep  suprayogi yang membawakan materi infografis, karena saat ini orang cenderung lebih mudah memahami gambar/visual dibandingkan tulisan, oleh sebab itu infografis membantu bagaimana cara dan meyajikan data yang efekif dan pesan yang ingin disampaikan lebih cepat sampai.

Tujuan dari acara pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM di BNPB dan kementerian lembaga terkait dalam penggunaan data dasar kependudukan dalam berbagai tahapan penanggulangan bencana dan dapat menyajikannya dalam bentuk infografis.

Related posts