Pelatihan Penanggulangan Asap/Api 2014

SENTUL (19/06) BNPB mengadakan pelatihan bagi anggota TNI dalam penanggulangan asap atau api di tahun 2014. Pelatihan diselenggarakan di Gedung INA-DRTG pada tanggal 17 - 19 Juni 2014.
Dengan pelatihan tiga hari ini para peserta TNI diharap dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian baik secara teknis maupun manajerial dalam mengatasi bencana asap dengan tetap memahami konsep operasi yang berpegangan pada empat strategi. Pemadaman di darat, pemadaman melalui udara, penegakan hokum (yustisi), dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat (yankesmas) terdampak.
Selain pengetahuan mengenai penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, pelatihan ini perwira maupun prajurit diberi beberapa kemampuan seperti : 
  • Pemadaman titik api dan titik asap yang ada di lokasi kebakaran dengan menggunakan peralatan pompa air;
  • Pembersihan lokasi yang baru saja terbakar agar tidak merambat ke lokasi lain termasuk pembuatan parit penyekat rambatan api;
  • Koordinasi dengan Satgas Udara tentang lokasi pembuatan hujan buatan dan water bombing;
  • Memastikan lokasi yang sudah dipadamkan agar tidak timbul kembali titik api dan asap yang baru;
  • Pelaporan perkembangan situasi kepada Dansatgas secara administrasi.
“Pengalaman panjang, mengikut sertakan TNI dan Polri, 2 tahun terakhir ini memberikan pembelajaran, fakta menunjukan bahwa api dan asap 99% dibakar oleh manusia. Penegakan hukum harus dimainkan tanpa padang bulu siapa yang melakukan pembakaran. Pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dan pemerintah nasional harus bahu membahu menyelesaikan persoalan-persolan ini.” Hal ini disampaikan Deputi Bidang Penanganan Darurat, Ir. Tri Budiarto, M.Si  dalam sambutan yang sekaligus membuka acara pelatihan.
BNPB melaksanakan pelatihan ini bekerjasama dengan Panglima Markas Besar TNI, khususnya Asisten Operasi dan Komandan Pusat Misi Pemelihara Perdamaian serta Kementerian Kehutan dan Manggala Agni.

Related posts