PELATIHAN GEO TAGGING UNTUK APARAT PB KARLAHUT RIAU

Pelatihan GeoTagging yang berlangsung selama 2 hari (31/07– 1/08) di ruang assessment center, Polda Riau, disampaikan oleh Dr.Agus Wibowo Kepala Bidang Data, BNPB. Kegiatan ini ini memiliki tujuan agar para peserta dapat menentukan lokasi hot spot dan menentukan lokasi foto kejadian peristiwa dengan menggunakan piranti internet.

 

Peserta yang hadir antara lain adalah BRIMOB Polda Riau, SABARA Polda Riau, POLAIRUD Polda Riau, KOREM Bukit Barisan dan perwakilan BPBD Riau. Para peserta yang hadir terlihat  antusias dan ingin mengetahui lebih baik menggunakan aplikasi Geo Tagging. 


Dalam paparannya, Agus Wibowo menjelaskan  kamera yang digunakan harus dilengkapi dengan GPS agar dapat diketahui lokasi pemotretannya. kemudian, terdeteksi di google earth lokasi foto tersebut, tentunya komputer yang digunakan terhubung ke internet.


Disamping itu, para peserta juga melakukan sesi praktek lapangan yaitu pengambilan foto menggunakan iPhone, Black Berry (BB diatas Gemini), android atau handphone yang memiliki aplikasi GPS. 


Pada hari berikutnya, Agus Wibowo memberikan pelatihan bagaimana menentukan lokasi hotspot dengan menggunakan aplikasi cuaca yang ada di website yang dipadukan dengan aplikasi google earth. "Selain untuk menentukan hotspot, Geotagging dapat digunakan untuk laporan kerusuhan, ataupun peristiwa kriminal. karena kita dimudahkan oleh kamera/gadget yang terdapat gpsnya, sehingga kita langsung mengetahui lokasi kejadian tersebut" ucapnya.


Related posts