Nota Kesepahaman BNPB dan Basarnas

JAKARTA - BNPB melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada puncak peringatan HUT Basarnas ke 47 tahun, yang digelar di lapangan upacara Basarnas (28/02).

Sekretaris Utama Dody Ruswandi mewakili Kepala BNPB menghadiri penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kepala Basarnas Bagus Puruhito. Nota Kesepahaman yang dilakukan adalah dalam ruang lingkup pertukaran data, informasi dan humas, pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, kesiapsiagaan, pemanfaatan dan mobilisasi sumber daya, peningkatan kapasitas sumber daya, pelatihan pencarian dan pertolongan korban dalam keadaan darurat bencana, pengiriman bantuan tim Urban SAR ke negara lain yang terkena bencana dan diseminasi dan penelitan.

Selain melakukan Nota kesepahaman dengan BNPB, Basarnas juga melakuan MoU dengan stakeholder lainnya, seperti; Badan Keamanan Laut, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, PT. Astra International Tbk., PT Indonesia Power, dan Indonesia Diver Rescue Team (IDRT).

Dalam sambutannya, Kabasarnas menekankan pentingnya sinergitas dan soliditas bersama Potensi SAR dalam pelaksanaan operasi SAR baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia.

“Potensi SAR adalah pilar utama dalam pelaksanaan operasi SAR. Operasi SAR adalah team work. Sebagai leading sector, Basarnas mengkoordinir keterlibatan seluruh Potensi SAR, baik dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah, swasta, maupun stakeholder bidang SAR lainnya di tingkat pusat maupun daerah,” tegasnya. 

Selebihnya, Kabasarnas mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun budaya SAR dengan dilandasi semangat gotong royong. Kesadaran tersebut sebagai awarness terhadap musibah yang memiliki sifat unpredictable atau tidak dapat diprediksi sebelumnya. “Musibah dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan dapat menimpa siapa saja. Dengan budaya SAR, kita berharap peran aktif dari masyarakat untuk menolong saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah sehingga jatuhnya korban jiwa dapat kita minimalisir bersama-sama,” ungkapnya.

Upacara peringatan HUT Basarnas tersebut dihadiri para tamu undangan dari berbagai stakeholder, mitra kerja, unsur TNI, Polri, Lembaga dan Kementerian, serta para purna Kabasarnas. 

Humas BNPB

Related posts