Murid Beacon Academy Tambah Wawasan Penanggulangan Bencana Indonesia

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima 30 murid sekolah Beacon Academy pada Kamis (2/2) di ruang diorama Graha BNPB, Jakarta Timur. Para murid berkunjung untuk belajar mengenai fenomena alam dan penanggulangan bencana di Indonesia. Para murid yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara ini merupakan kelompok murid yang mengambil program Bahasa Indonesia. Bencana alam merupakan salah satu topik dalam program tersebut.

Rombongan yang berjumlah 30 murid yang terdiri dari 12 murid kelas 4 SD dan 10 murid kelas 11 SMA antusias selama tur di lantai 11 dan 12 ruang diorama. Guru pendamping Elizabeth menyampaikan bahwa para murid yang berkunjung ke BNPB adalah mereka yang mengambil program Bahasa Indonesia. Setelah kunjungan, mereka wajib untuk menyusun dua esai dengan topik berbeda.

"Mereka nantinya akan membuat tulisan tentang dua topik, Bahasa Indonesia dan bencana alam.”

Megan, murid kelas 4, mencatat beberapa poin penjelasan dari petugas BNPB. Saat belajar mengenai erupsi Gunung Merapi, beberapa murid mencoba tombol lampu untuk menjelaskan mengenai luasan dampak erupsi dan arah lahar mengalir.

"Saya sangat tertarik dengan bagaimana mereka (petugas) memberikan penjelasan apa yang ditampilkan pada diorama.”

Sementara itu, Richard, murid kelas 11, mengatakan bahwa dia dapat belajar mengenai jenis dan penanggulangan bencana di Indonesia.

“Selama ini, saya hanya mengalami bencana banjir di Jakarta beberapa waktu lalu.”

Petugas diorama BNPB Ainun mengatakan bahwa mereka antusias selama mengikuti tur, contohnya saat mengetahui penemuan sepeda dipicu karena kejadian erupsi gunungapi Tambora yang abu vulkaniknya berpengaruh ke seluruh negara. Salah satu anak mengungkapkan bahwa mereka belum puas dengan kunjungan itu karena keterbatasan waktu dan akan kembali lagi untuk berkunjung ke diorama BNPB.

Hal senada juga disampaikan oleh guru pendamping mengenai rencana untuk mengajak murid-murid lainnya untuk belajar penanggulangan bencana di BNPB.

Diorama BNPB di lantai 11 dan 12 merupakan fasilitas yang dapat diakses oleh publik. Apa yang disajikan pada display diorama merupakan media edukasi bencana sehingga budaya sadar bencana dapat melekat di masyarakat.

Related posts