Komandan Posko Satgas Uji Efektivitas Miracle Foam

PALEMBANG - Komandan Pos Komando Satuan Tugas (Posko Satgas) Siaga Darurat Bencana Asap Provinsi Sumatera Selatan yang sekaligus Danrem 044/Gapo Kolonel Inf. Tri Winarno bersama dengan Moritaka Kiyoshi menguji cairan kimia Miracle Foam Alpha Plus di halaman Posko Satgas pada Senin pagi(19/10). Mereka melakukan pengujian dengan takaran air and Miracle Foam yang sudah disiapkan.

Cairan Miracle Foam dicampur dengan air hingga menimbulkan busa. Selanjutnya, tumpukan daun-daun dibakar  hingga api membesar. Kemudian Komandan Posko Satgas melakukan pengujian dengan dua cara, yaitu pengujian pada daun yang terbakar dan pelokalisasian pada dedaunan terbakar. Pada pengujian pertama api berhasil padam hingga memunculkan kepulan asap putih. Cairan Miracle Foam disiram untuk melokalisir api menyala. Hasil pengujian tersebut, api tidak dapat melewati tumpukan dedaunan yang telah tersiram cairan Miracle Foam. 

Miracle foam ini telah diujicobakan pada water-bombing dengan menggunakan helikopter Mi 8 untuk pemadaman di Air Sugihan pada Minggu (18/10). Uji coba cairan untuk lahan gambut ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh tim pembuat Morita Holding. Cairan ini merupakan bantuan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan total bantuan 2.000 liter. Jumlah tersebut dikemas dalam jerigen dengan isi satuan 20 liter.

Miracle Foam dapat digunakan, baik dengan air tawar atau air laut. Morita Holdings Corporation sebagai produsen Miracle Foam diklaim sebagai bahan yang ramah lingkungan. Foam tidak mengandungbahan beracun dan PFOS seperti hormon lingkungan dan logam berat. PFOS merupakan bahan yang mengandung senyawa organfluoric yang di masa depan akan diatur dalam undang-undang yang berkenaan dengan larangan bahan kimia penelitian dan pabrikasi. Bahan inidapat terurai lebih baik daripada bahan busa lainnya. 

Busa yang memiliki tanggal kadaluwarsa 4 tahun ini merupakan cairan bertekanan rendah, hanya digunakan dengan 1% perbandingan campuran dengan air tawar atau laut.

Bantuan pertama telah tiba di Posko pada Sabtu (18/10); Direktur Bantuan Darurat BNPB Eko Budiman menerima secara simbolis dari Kepala Perwakilan JICA Indonesia Ando Naoki. Nantuan kedua akan tiba pada hari ini. 

Pada hari ini, helikopter Mi 8 menggunakan cairan Miracle Foam sebagai pengujian kedua di lapangan. Sekitar 20 liter menjadi campuran 4.000 liter, kapasitas bucket sekalibombing dengan heli jenis ini. Sejauh ini Mi 8 telah melakukan lima kali pengeboman pada hari ini (19/10). Pengeboman dengan Miracle Foam ini dilakukan di Air Sugihan.

Related posts