Kepala BNPB Menerima Kunjungan Central Civil Defense and Managemet Institute Korsel

Sentul (3/10) Kepala BNPB DR. Syamsul Maarif M.Si terima perwakilan Central Civil Defense and Management Institute (NEMA) Jungseoul Lee yang merupakan Dirjen dari institut penanggulangan bencana tersebut serta Profesor Sanghwum Nam salah seorang pengajar di CDI.
Syamsul menyatakan terimakasihnya atas kehadiran perwakilan CDI ke pusdiklat BNPB untuk sharing knowledge dan membahas mekanisme kerjasama kedepannya antara Indonesia dan Korea Selatan. Ia menekankan bahwa Indonesia juga belajar banyak hal dari Korea saat BNPB mengikuti AMCDRR di Incheon pada tahun 2012 lalu. “ Kolaborasi adalah hal yang sangat baik bagi kedua negara khususnya dalam penanganan bencana” tambahnya.
Kepala Pusdiklat BNPB dr.Bagus Tjahjono, MPH menyatakan apresiasinya terhadap kunjungan CDI tersebut. Ia menyatakan bahwa saat ini Pusdiklat sedang mengembangkan program Distance Learning dan berharap bahwa CDI akan membantu pengembangan distance learning tersebut melalui mekanisme bantuan KOICA.
Bagus memaparkan bahwa Usulan dari CDI mengenai kerjasama kedepannya bahwa akan ada orang yang dipercaya menjadi kontak baik dari pihak Indonesia maupun Korea untuk membahas lebih detil mekanisme kerjasama kedepannya sangat baik. Saat ini sudah ada 2 pelatihan yang memang ditawarkan Korea melalui KOICA yaitu Disaster Risk Reduction dan Multi Hazards Early Warning System yang pelatihan tersebut dilakukan oleh CDI.
“ Harapan Korea untuk dapat bekerjasama dengan Indonesia dalam penanganan bencana karena Indonesia adalah negara yang besar dan juga memiliki berbagai macam bencana sehingga penanganan bencananya lebih beragam,” ujar Jungseoul.

Related posts