Kegiatan Monev Pemasangan Rambu, Papan Evakuasi dan Informasi Bencana Tahun 2019 di Kota Singkawang

SINGKAWANG - Pada tahun 2019, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) memfasilitasi pemasangan rambu dan papan informasi bencana di 30 kabupaten/kota di Indonesia. Kota Singkawang- Provinsi Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah yang mendapatkan fasilitan pemasangan rambu dari BNPB tersebut.

Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pemasangan Rambu, Papan Evakuasi dan Informasi Kebencanaan, bertempat di Kampung Batu, Kamis (21/11) diadakan pertemuan dalam rangka Kegiatan Monitoring dan Evaluasi, serta sosialisasi kepada warga masyarakat setempat.

Hadir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemasangan Rambu, Papan Evakuasi dan Informasi Bencana tersebut, Kepala Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya BNPB, Radito Pramono Susilo beserta jajaran dari Direktorat Kesiapsiagaan lainya. 

Sementara itu dari Kota Singkawang, hadir Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang, Mohammad Syafrudin beserta jajarannya, serta dihadiri oleh 16 perwakilan dari Kelurahan se-Kota Singkawang, dimana 16 kelurahan tersebut daerahnya dijadikan sebagai tempat pemasangan rambu.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang. Dalam kesempatan tersebut Mohammad Syafrudin selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang memaparkan bahwa di wilayah Kota Singkawang, terdapat beberapa daerah yang rawan terhadap bencana. 

“Selain Karhutla, beberapa kebencanaan lainnya juga berpotensi terjadi di wilayah Kota Singkawang, ”jelas Mohammad Syarfudin.

Untuk itu, atas nama Kepala Pelaksana BPBD dan mewakili Pemerintah Kota Singkawang, Mohammad Syafrudin mengucapkan banyak terima kasih kepada BNPB, karena BPBD Kota Singkawang menjadi salah satu penerima pengadaan rambu, ini membuktikan begitu besar perhatian dari BNPB kepada Kota Singkawang, pungkas Kepala Pelaksana BPBD Kota Singkawang.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya BNPB, Radito Pramono Susilo, menjelaskan bahwa untuk tahun anggaran 2019 ini, BNPB telah menfasilitasi pemasangan rambu sebanyak 1.947 unit yang tersebar di berbagai daerah.

“Khusus untuk Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat ini, sebagai salah satu daerah yang menerima fasilitas pemasangan rambu dan papan informasi sebanyak 63 unit,” jelas Kepala Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya BNPB.

Lebih lanjut Radito Pramono Susilo juga menjelaskan bahwa dari sejumlah 63 unit sebagaimana tersebut diatas,  terdiri dari rambu rawan banjir, rambu rawan kebakaran hutan, rambu rawan gerakan tanah/longsor, papan arah evakuasi, papan arah tempat pengungsian, penanda titik kumpul sementara, dan penanda pengungsian. Dan proses pemasangan direncanakan selesai pada Desember 2019.

Untuk itu Radito Pramono Susilo, selaku Kepala Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya BNPB meminta kepada para lurah untuk dapat menjelaskan kepada warganya, bahwa pemasangan rambu ini merupakan usaha untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. 

Dan satu hal yang terpenting jelas Kepala Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya BNPB, agar seluruh stakeholder yang ada di Kota Singkawang bersama warga masyarakat bersama – sama menjaga keberadaan rambu, papan evakuas dan informasi kebencanaan ini dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, para peserta yang terdiri dari perwakilan kelurahan yang ada di Kota Singkawang, terihat begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini. (dil/ws)

 

 

 

Direktorat Kesiapsiagaan BNPB

Sub Direktorat Penyiapan Sumber Daya.

Related posts