Jambi Di Guyur Hujan

PALEMBANG- Kondisi cuaca di wilayah Provinsi Jambi secara umum berawan dan diselimuti asap, berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Wilayah Jambi bagian Timur dan Barat. Angin permukaan umumnya bergerak dari Timur hingga Selatan dengan kecepatan 3 s/d 10 Knot. Jarak pandang (visibility) diperkirakan berkisar antara 300 s/d 1200 Meter. Hujan lebat mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Jambi pada (27/10/2015) pkl 12.00 WIB. Hujan terjadi selama 30 menit lamanya dan menurunkan tebalnya kabut asap. Jarak pandang di kota ini visibillity meningkat lebih dari sekitar 1200 meter. Alhamdulillah langit agak cerah jadinya.  Mudah-mudahan hujan kembali lebat hari ini," ujar Budhi selaku Tim Satgas BNPB yang bertugas di Jambi. 

Jambi merupakan satu dari 5 provinsi di Indonesia yang menyatakan darurat kabut asap akibat kebakaran lahan. Mayoritas kebakaran di Jambi ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Muarojambi, Batanghari, Tebo dan Sarolangun. Data Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Jambi menyebutkan kawasan lahan dan hutan di Jambi yang terbakar mencapai luasan 33 ribu hektare. Kawasan yang terbakar meliputi area perkebunan, Hutan Tanaman Industri (HTI) hingga hutan konservasi dan taman nasional.

Tim Satgas di Jambi telah melakukan operasi pemadaman di Kab. MA. JAMBI  (Pemadaman di Tanjung Katung, Sekitar Tahura), Simpang, Pematang Raman), Kab. Tanjabtim (Pemadaman di desa Simpang, Telago Limo, dan Londrang Sei Buluh). Kab. Tanjab Barat (Patroli dab Mopping Up di Ds. Sungai Gebar Barat Kec. Kuala Betara, Ds. Mandala Jaya dan Ds. Mekar Jaya Kec. Betara, Ds. Sungai Baung Kec. Pengabuhan, desa klagian kec tebing tinggi). Kab. Batang Hari (Patroli Wilayah Penyuluhan Masyarakat), Kab. Merangin (Patroli Wilayah dan Penyuluhan Masyarakat), Kab. Sarolangun : (Pemadaman di Muara Cuban Batang Asai). Kab. Tebo (Patroli Wilayah Tujuh Koto, Muara Kilis, Kayu Raja, Marga Rukun dan Kuamang).

Budhi mengatakan selain melakukan pemadaman juga dilakukan pembuatan Kanal, hal ini dilakukan untuk optimalkan pemadaman kebakaran satgas darat agar memudahkan dalam pendistribusian air dan membasahi lahan agar tidak mudah terbakar. Kanal berlokasi di Kab. Muaro Jambi (Ds Manis Mato 2.500 M, Pematang Raman 3.000 m, Puding 3.000 M, Kanal Cacing di Wilayah Tahura - Seponjen), KAB. Tanjab Barat (Ds. Pematang Buluh Kec. Betara  7.000 M Progres 300 m), Kab. Tanjab Timur (Kel. Simpang Kec. Berbak – HLG Londrang Target 5.000 m, Ds. Sei Cemara 3.000 M, dan Sei Jambat Kec. Sadu 3.500 M). “Rencananya akan ada rumah singgah Evakuasi  (Cleaner Air Shelter) : Kota Jambi  yang berlokasi di Puskesmas Putri Ayu, Puskesmas Talang Bakung, Tanjung Pinang, Rs. Abdul Manaf, Rs. Theresia, Asrama Haji. Kab. Muaro Jambi : Puskesmas Puding, Kantor Camat Kumpeh Ulu dan Kantor Camat Kumpeh, “ujar Budhi.(adi)

Related posts