INFO BENCANA NOVEMBER: PUTING BELIUNG DOMINAN, BANJIR DAN LONGSOR PERLU DIWASPADAI

JAKARTA (10/12). Berdasarkan pencatatan yang dilakukan Pusat Data, Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB, sepanjang November 2013 terjadi 117 bencana, di mana lebih dari separuh atau 65 kejadian, merupakan puting beliung. Puting beliung juga merupakan bencana yang paling banyak menimbulkan kerusakan permukiman. Sebanyak 308 rumah rusak berat, 559 rusak sedang, dan 1.888 rusak ringan akibat bencana ini.

Bencana lain yang banyak terjadi dan tetap perlu diwaspadai selama musim penghujan hingga awal tahun depan adalah banjir dan tanah longsor. Pada November tercatat terjadi 22 banjir dan 18 kejadian tanah longsor. Puncak potensi banjir dan longsor di Indonesia diperkirakan berlangsung pada Januari hingga Februari mendatang. Masyarakat diminta selalu waspada dan mempersiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi kemungkinan tersebut. Peran aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu langkah kecil yang dapat membantu mengurangi potensi bencana banjir tersebut.

Data lengkap mengenai kejadian bencana selama November 2013 dapat diunduh di link berikut: http://bnpb.go.id/uploads/pubs/588.pdf.  

Related posts