Info Bencana Edisi Desember 2014

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana banjir mendominasi pada akhir tahun, pada bulan Desember 2014 ini justru bencana tanah longsor adalah yang paling banyak terjadi. Tanah longsor pada bulan ini terjadi sebanyak 111 kali, jauh lebih banyak dibandingkan banjir (86 kejadian). Kejadian bencana tanah longsor tersebar di 12 provinsi, dengan frekuensi terbanyak berturut-turut terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
Bencana tanah longsor juga menjadi bencana yang paling mematikan dibandingkan jenis bencana lain. Korban meninggal dan hilang akibat bencana tanah longsor pada bulan Desember 2014 sebanyak 124 jiwa. Korban meninggal dan hilang ini paling banyak disebabkan oleh bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara.  
Ulasan lebih lanjut tentang bencana tanah longsor yang terjadi di Banjarnegara dapat dibaca pada Info Bencana Edisi Desember 2014. Selain itu, Info Bencana bulan ini juga membahas tentang refleksi bencana selama tahun 2014. Selengkapnya Info Bencana Edisi Desember 2014 dapat diunduh pada tautan 
http://bnpb.go.id/uploads/publication/1069/Info_Bencana_Desember.pdf

Related posts