Huntap Relokasi Sinabung 50 Unit Selesai Sesuai Target

Pekerjaan pembangunan 50 unit hunian tetap (huntap) relokasi warga Sinabung sudah selesai 92,7 persen. Target tersebut selesai hingga akhir tahun 2014. Penyelesaian huntap tercapai setelah semua pihak bekerja dengan keras. Demikian pula pembangunan jalan menuju lahan relokasi juga sudah hampir selesai di tahap pertama. Jika sebelumnya masih berupa jalan rusak, semak belukar dan hutan, saat ini sudah menjadi jalan yang dapat dilalui kendaraan (foto-foto pembangunan huntap dan jalan dapat diunduh di twitter @sutopo_bnpb). 

Rencana penyelesaian 370 unit huntap untuk warga di tiga desa, yaitu Desa Sukameriah, Desa Simacem, dan Desa Bekerah akan diselesaikan pada tahun 2015. Bukan hanya rumah saja tetapi juga pembangunan infrastruktur, ekonomi produktif, sosial budaya, dan lintas sektor.

Sementara itu, aktivitas Gunung Sinabung masih tetap tinggi dengan status 'Siaga' (level 3). Gunung Sinabung mengalami 64 guguran dan 3 kali luncuran awan panas guguran p
ada Selasa (23/12). Jarak luncur awan panas sejauh 1.000-2.500 meter ke arah Tenggara.Tinggi kolom abu awan panas hingga 500 meter. Teramati guguran lava dari puncak sejauh 500-700 meter ke arah Tenggara.

Data pengungsi sejumlah 2.443 jiwa atau 795 KK yang tersebar di 7 titik pengungsian. Pengungsi berasal dari dua desa yaitu Desa Sigarang-garang dan Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran. Kebutuhan logistik pengungsi mencukupi, kesehatan terlayani, pendidikan lancar, dan sarana prasana aman. Saat ini para pengungsi menyiapkan perayaan Natal di pengungsian.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts