Hujan Kembali Turun di Sumatera Selatan

Jakarta - Tim Pendamping Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Sumatera Selatan memonitor terjadinya hujan di beberapa wilayah Sumatera Selatan pada hari ini (29/10). Hujan menguyur wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), dan Kota Palembang pada waktu yang berbeda pada siang hingga sore tadi.

Berdasarkan pantauan Satuan Tugas (Satgas) Darat, hujan terjadi di Kecamatan Panyabungan dan Padang Sugihan, Kabupaten OKI. Hujan yang turun di wilayah tersebut berintensitas sedang hingga deras berlangsung kurang lebih selama 1 jam. Hujan dengan intesitas sedang hingga lebat juga terjadi di Taman Nasional Sembilang dengan durasi cukup lama. 

Sementara itu, Muara Telang dan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin diguyur hujan dengan intesitas sedang pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB. Kecamatan Ilir Timur II di Kota Palembang hanya termonitor hujan dengan intensitas rendah atau gerimis. 

Turunnya hujan sangat membantu operasi pemadaman api dan asap yang dilakukan oleh Satgas Darat dan Udara. Meskipun turun hujan, Satgas Udara telah melakukan pengeboman air atau water-bombing di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, seperti di Indralaya, Pedamaran, Simpang Tiga Sakti, Cengal, dan Pampangan. Selain itu, Satgas Udara juga menebar partikel semai di wilayah utara Banyuasin sebanyak 800 kg untuk modifikasi cuaca.

Hotspots atau titik panas di Sumatera Selatan terpantau 109 titik sore ini. Jumlah terbanyak hotspot masih berlokasi di Kabupaten OKI dengan 97 titik.

Related posts