HUJAN GUYUR BEBERAPA TEMPAT DI WILAYAH RIAU

Pekanbaru – Sabtu siang ini (29/3) awan tipis menyelimuti wilayah Pekanbaru dan sekitarnya. Meskipun hujan tidak turun di Pekanbaru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan hujan turun dengan intensitas ringan hingga sedang siang ini, antara lain di wilayah Kampar dan Rokan Hulu, dan Pelalawan. Di wilayah Kampar, hujan turun di Bangkinang, (0.1 mm), Koto Kampar (1.2 mm), wilayah Rokan Hulu di Pasir Pangaraian (0.1 mm), dan merata di Pelalawan (2.9 mm). 
BMKG melaporkan wilayah yang diguyur hujan tadi malam (28/3) antara lain Pekanbaru,  Dumai, Rokan Hulu (Kunto Darusssalam dan Pasir Pangaraian), Kampar (Bangkinang dan Koto Kampar), Rokan Hilir (Sedinginan), dan Indragiri Hilir (Tembilahan). Terpantau jarak pandang atau visibility pada pukul 07.00 WIB pagi ini Pekanbaru 5 km dan Rengat 3 km, Dumai 2 km, dan Pelalawan 1 km.
Berdasarkan pengamatan BMKG, prediksi kondisi cuacah wilayah Riau bahwa angin bertiup dari arah Timur Laut sampai dengan Selatan dengan kecepatan 5 – 10 knot. Prospek cuaca tiga hari ke depan masih berpeluang hujan ringan hingga sedang dan merata pada semua wilayah Riau, sedangkan dengan hujan lebat diprediksikan di wilayah barat dan tengah. 
Meskipun situasi cuaca cukup mendukung, Satuan Tugas Operasi Terpadu Penanggulangan Bencana Asap tetap mengintensifkan satuan-satuan darat dan udara untuk pemadaman api dan asap. Badan Pengkajian dan Penerapan dan Teknologi (BPPT) di bawah komando Satgas Ops tetap melakukan modifikasi cuaca (TMC) sebanyak 2 sorti dengan pesawat Hercules dan Cassa. Sementara itu, Satgas Ops juga menambah pesawat heli jenis Bell untuk mempercepat pergerakan pasukan dan perlengkapan pemadaman api dan asap. 

Related posts