HARI INI, 148 WATER BOMBING BERHASIL DILAKUKAN

Pekanbaru (6/3)_Satgas udara penanggulangan bencana asap Riau, telah berhasil melakukan 148 water bombing dengan 5 helikopter. Heli PK-RGH 25 kali water bombing dan Heli PK-RGG 31 kali water bombing di Meranti. Heli bolco 14 kali water bombing di Langgam dan heli PK-KIA 35 kali water boombing di Bukit Batu Perawang. Jika heli jenis PK dan Bolco, dalam 1 kali melakukan water bombing mampu membawa 500 liter.Helikopter Sikorsky mampu membawa 3.500 liter air dalam sekali water boombing. Alhasil 43 kali water bombing di Cagar Biosfir Giam Siak Kecil telah berhasil dilakukan. Sementara itu TMC mampu melakukam 2 sortie penyemaian awan dengan total  1, 9 ton NaCl.

Sementara itu, tim Satgas Darat dengan mengerahkan satuan TNI dari KOREM 031/Wira Bima juga melakukan survey identifikasi titik api yang ada di lapangan. Dari tim ini dapat ditemukan 23 titik api yang tersebar di Bengkalis 12 titik, di Kampar 1 titik, di Pulau Meranti 6 titik, di Pelalawan 1 titik dan di Siak 3 titik.


Berdasar data tersebut terlihat bahwa konsentrasi hotspot berada di wilayah bagian utara Riau yaitu di Dumai, Bengkalis, Siak dan Pulau Meranti. Operasi pemadamam baik pemadaman udara dan darat akan dikerahkan ke Bengkalis khususnya di area Cagar Biosfir Giam Siak Kecil dan Pulau Meranti.

Related posts