GUNUNG KELUD WASPADA, BNPB KOORDINASI DENGAN TIGA BPBD

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan koordinasi dengan tiga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Provinsi Jawa Timur, terkait naiknya status 'waspada' Gunung Kelud, pada Senin (3/2) di Surabaya.

Ketiga BPBD yang diundang yakni, Kabupaten Kediri, Malang dan Blitar. Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Tri Budiarto mengatakan bahwa rapat koordinasi ini membahas langkah antisipasi yang harus dilakukan terhadap Gunung Kelud.

"BNPB khusus datang ke Surabaya untuk mengingatkan BPBD provinsi dan kabupaten terkait bahwa di wilayahnya ada Gunung Kelud yang sedang naik," kata Tri Budiarto.

Selain tiga kabupaten, rapat koordinasi juga diikuti oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Menurut Tri Budiarto, PVMBG akan menjelaskan dinamika Gunung Kelud serta membahas kekurangan langkah penanganan sebelumnya.

"Saya akan minta PVMBG untuk menjabarkan ke BPBD terkait dinamika serta karakter Gunung Kelud sehingga kekurangan dalam penanganan bencana tahun-tahun sebelumnya bisa diperbaiki. PVMBG juga akan jabarkan kejadian 1990 dan 2007, semoga tren bisa ditangkap sehingga semuanya siap," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Jatim Sudarmawan mengatakan bahwa tiga kabupaten yang diundang akan menjabarkan aspek sosial dan budaya masyarakat di wilayah sekitar gunung. Hal ini akan bermanfaat untuk BPBD dalam membangun strategi yang digunakan pada langkah pendekatan dan sosialisasi di lapangan.

Related posts