GUNUNG-GUNUNG DI NTT MENGGELIAT

Di saat erupsi Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kab. Sikka, NTT masih status Siaga (level III) dan potensi erupsi susulan masih tinggi, gunung-gunung di sekitar NTT juga meningkat aktivitasnya. Berdasarkan informasi dari Kepala PVMBG Badan Geologi, M Hendrasto, dan mantan Kepala PVMBG, Surono, hingga saat ini ada 2 gunungapi di sekitar NTT yang mengalami peningkatan aktivitasnya, yaitu Gunungapi Hobalt dan Gunungapi Ili Werung.
Berdasarkan informasi dari PVMBG Badan Geologi, Kem ESDM, Gunungapi Hobalt, gunungapi bawah laut di di Kec. Atedai, Kab. Flores Timur, Prov NTT, hari ini 20 Agustus 2013 pkl 07:13 WITA terjadi letusan. Tinggi asap letusan 1000-2000 meter dr permukaan laut, berlangsung selama 2 menit, secara visual, air laut di sekitar G Hobalt nampak banyak gelembung dan air laut berwarna kekuningan. Status gunung masih Waspada (level II).
Sedangkan untuk G. Ili Werung disampaikan bahwa sejak pukul 16.00-17.41 WITA terjadi peningkatan gempa vulkanik dangkal yg signifikan di G. Ili Werung-P. Lembata bag selatan, NTT (81 kejadian dalam waktu 1,5 jam dan masih berlangsung smp saat ini). Maka status G. Ili Werung ditingkatkan dari Normal ke Waspada terhitung sejak tgl. 19 Agt 2013 pukul 19.00 WITA.
Masyarakat dhimbau untuk selalu waspada terkait ancaman gunungapi tersebut. Belum perlu ada pengungsian bagi masyarakat di sekitar G. Hobalt dan G. Ili Werung. Monitoring aktivitas gunungapi ditingkatkan oleh PVMBG.
Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Related posts