GUBERNUR DKI JAKARTA LUNCURKAN 3.000 ASURANSI MIKRO KEBAKARAN SECARA GRATIS

Kasus kebakaran yang terjadi pada tahun 2012 di provinsi DKI Jakarta sebanyak 1042 kasus dengan nilai kerugian mencapai 297 miliar rupiah, mayoritas warga yang terkena bencana kebakaran berasal dari golongan tidak mampu. Walaupun mereka menerima bantuan logistik berupa makan dan minum selama berada di lokasi pengungsian, mereka mengalami kesulitan biaya untuk memperbaiki tempat tinggal mereka.

Sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo bersama PT. Asuransi Central Asia ( ACA ), PT.  Indofood  Sukses  Makmur, PT.  Bogasari Flow Mills, PT. Nasional RE,   PT. Rasuransi Indonesia akan memberikan proteksi Asuransi Mikro Kebakaran bagi warga yang tidak mampu di Provinsi DKI Jakarta secara gratis selama 1 tahun kepada 3000 Rumah ( 3000 Voucher ) yang telah dibagi dalam 11 Kecamatan yaitu Kecamatan Tambora 600 Rumah, Kecamatan Johar Baru 400 Rumah, Kecamatan Senen 200 Rumah, Kecamatan Tanah Abang 200 Rumah ,Kecamatan Sawah Besar 200 Rumah ,Kecamatan Cakung 300 Rumah , Kecamatan Pulo Gadung 200 Rumah , Kecamatan Pesanggrahan 200 Rumah , Kecamatan Cilincing 200 Rumah , Kecamatan Penjaringan 200 Rumah ,Kecamatan Pademangan 300 Rumah sesuai dengan tingkat kerentanan terhadap ancaman bahaya kebakaran.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta Ir. H. Ery Basworo, M.Si Program ini baru pertama kali di luncurkan di Indonesia, banyak warga yang kurang mampu yang manjadi korban kebakaran di Jakarta membutuhkan santunan dana dengan akses cepat, oleh karena itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan beberapa perusahaan – perusahaan yang terpanggil untuk memberikan sumbangsih terhadap warga yang tidak mampu di Jakarta memberikan secara gratis Asuransi Mikro Kebakaran kepada warga yang sudah didata oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan ketentuan bahwa warga tersebut benar – benar tidak mampu, memiliki rumah atau tempat tinggal yang tidak sengketa dan memiliki Kartu Tanda Penduduk DKI Jakarta.

Acara  peluncuran dilaksanakan pada hari selasa 30 Juli 2013 berlokasi di Rumah Susun Angke kecamatan Tambora Jakarta Barat yang secara simbolis di berikan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo di damping oleh Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta, dan Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta kepada perwakilan dari warga yang tidak mampu dari 11 kecamatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Bagi warga yang rumahnya kebakaran akan mendapatkan santunan kebakaran sebesar Rp. 3.000.000,-. Program ini diharapkan akan menjadi solusi untuk meringankan beban bagi Masyarakat tidak mampu yang terkena bencana kebakaran dikemudian hari.

Sumber::BPBD DKI

Related posts